Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah mobil baru berdesain dan teknologi terkini akan diperkenalkan pada pameran otomotif tahunan Paris Motor Show pada 4-14 Oktober 2018 di Porte de Versailles, Paris, Prancis.

Pameran ini akan menjadi panggung bagi produsen mobil Eropa hingga Asia untuk menampilkan teknologi dan desain andalannya, misalnya Ferrari yang akan menunjukkan seri Monza, BMW dengan Seri 3 terbaru, Toyota dengan model Supra dan Yaris, Suzuki Jimny hingga pabrikan Vietnam Finfast yang bakal menunjukkan model pertamanya.

Berikut 10 mobil baru dan ikonik di Paris Motor Show 2018, dilansir berbagai sumber:

New BMW 3 Series


Pabrikan mobil mewah Jerman, BMW, bakal memamerkan sedan Seri 3 yang akan menarik perhatian karena model itu akan dijual secara global pada tahun depan.

Dilansir laman resmi BMW, sedan sport itu sedang memasuki masa pengujian daya tahan hingga kemampuan menjelajah di berbagai negara dengan temperatur yang berbeda-beda. Spesifikasi lengkap mobil ini akan diumumkan pada peluncurannya.
 
New BMW 3 Series (BMW Pressroom)


Ferrari Monza

Ferrari membawa model supercar terbarunya, Seri Monza, yang tersedia dalam dua pilihan yakni SP1 dan SP2. Kedua model itu telah diperkenalkan di Maranello, Italia, pekan lalu.

Namun, pabrikan mobil sport asal Italia itu akan menjadikan Paris Motor Show 2018 sebagai panggung utama untuk memamerkan Seri Monza yang mengusung perpaduan desain klasik dan modern pada mobil tanpa atap yang bermesin 6.5liter V12 itu, demikian laman resmi Ferrari.
 
Ferrari Monza SP2 (Ferrari Media)


Mercedes-Benz A 35 AMG

Pabrikan Jerman, Mercedes-Benz, menyiapkan A 35 AMG sebagai seri terbaru pada pameran di Paris bulan depan. Mercy berkapasitas mesin 2.0L turbo 4-silinder itu menawarkan gaya berkendara berkelas premium kendati mobil itu berada di segmen entry level.
 
Mercedes-Benz A 35 AMG (Mercedes-Benz Pressroom)


Skoda Kodiaq

Skoda, anak perusahaan Volkswagen, bakal tampil pertama kali ke hadapan publik Eropa melalui Skoda Kodiaq yang menawarkan sebuah SUV bermesin diesel 2.0L dengan twin-turbocharged.

Mobil ini mengusung desain SUV khas Eropa dengan tampilan yang mewah namun menawarkan sistem penggerak all-wheel-drive (AWD) dengan berbagai pilihan mode berkendara, dilansir laman resmi Skoda.
 
Skoda Kodiaq (Skoda Pressroom)


VinFast

Merek mobil Vietnam, VinFast, akan membawa dua model terbarunya yakni sebuah sedan dan SUV untuk dipamerkan pertama kalinya di dunia pada Paris Motor Show.

Berstatus sebagai produk debutan, VinFast akan mencuri perhatian dunia karena mobil-mobilnya memiliki tampilan elegan dan sporty, yang dikerjakan bersama rumah desain Italia, Pininfarina. Setelah mejeng di Paris Motor Show, VinFast akan diluncurkan secara nasional di Vietnam, menurut keterangan tertulis VinFast.
 
VinFast (VinFast Pressroom)


Toyota Supra dan Yaris

Toyota akan menghadirkan kembali sedan sport legendaris, Toyota Supra, yang produksinya sempat dihentikan sejak 2002, pada pameran Paris Motor Show.

Selain model ikonik itu, Toyota juga merayakan 20 tahun kiprah Yaris di pasar global dengan memperkenalkan model Y20 dengan pembaruan model dan sistem multimedia. Yaris Y20 yang mengusung konsep bodi dua warna (bi-tone) akan mulai diproduksi pada 2019.
 
Toyota Yaris Y20 (Toyota Pressroom)


Porsche Macan

Kendati tidak akan memperkenalkan versi 911 teranyar, Porsche akan membawa SUV Macan terbaru yang mengusung mesin 2.9L V6 dengan Bi-turbo.

Dilansir laman resminya, Porsche Macan sudah memasuki dapur produksi di Leipzig sejak akhir Agustus 2018. Salah satu kejutan dari Porsche adalah menyediakan warna hijau bambu untuk konsumennya di China.
Porsche Macan (Porsche Pressroom)


Suzuki Jimny

Suzuki Jimny memang sudah diperkenalkan di Jepang pada pertengahan tahun ini, bahkan sudah dibawa ke Indonesia pada pameran GIIAS 2018.

Kendati demikian, Suzuki tetap memperkenalkan Jimny untuk pasar Eropa guna menyasar konsumen yang menginginkan sebuah mobil SUV ikonik dengan harga yang lebih terjangkau ketimbang jenis-jenis lain dari pabrikan Eropa.
 
Suzuki Jimny pada pameran GIIAS 2018. (ANTARA News/Alviansyah P)


Kia Proceed

Perusahaan otomotif Korea Selatan, Kia Motor Corporation, akan merilis hatchback Kia ProCeed di Paris Motor Show, setelah foto-foto model penerus seri Ceed itu diumumkan melalui situs resminya pada akhir Agustus lalu.
 
Kia ProCeed (ANTARA News/HO)


Audi e-Tron

Audi akan memamerkan beberapa model terbaru antara lain A1, Q3 dan A4 facelift, kendati yang menjadi pusat perhatian adalah mobil SUV listrik Audi e-Tron. Model ini telah diproduksi pada awal September 2018.
 
Audi e-Tron (Audi Pressroom)


Baca juga: Pabrikan mobil Vietnam bakal debut SUV-sedan di Paris Motor Show

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018