Jakarta (ANTARA News) - Hyundai Motor Co dan Kia Motors Corp, dua pabrikan mobil terbesar asal Korea Selatan, telah memulai debut dengan model terbaru di Paris Motor Show, menjelang peluncuran resmi mereka di Eropa bulan depan.

Seperti dilansir kantor berita Yonhap, Selasa (2/10), pada pameran kendaraan dua tahunan itu, Hyundai Motor meluncurkan model new i30 Fastback N. Sementara Kia memperkenalkan all-new ProCeed hatchback dan Ceed GT model.

Hyundai dan Kia bertujuan untuk lebih meningkatkan penjualan di Eropa dengan meluncurkan mobil model baru berkinerja tinggi. Keduanya perlu meningkatkan penjualan di benua biru itu untuk membantu mencapai target penjualan gabungan mereka sebesar 7.55 juta kendaraan pada tahun ini. Pada tahun lalu, keduanya menjual 7.25 juta unit kendaraan secara global.

Pada periode Januari-September, Hyundai dan Kia menjual sebanyak 5.44 juta unit mobil, naik 2,7 persen dari tahun sebelumnya yakni sebanyak 5.29 juta unit.

Untuk pasar Eropa, dalam delapan bulan terakhir penjualan mereka secara keseluruhan naik 8 persen menjadi 715.050 unit, dibanding tahun sebelumnya sebanyak 662.375 unit.

Model i30 Fastback N adalah model ketiga dari merek "N", mengikuti model sebelumnya yaitu i30 N dan Veloster N. Mobil tersebut menggunakan mesin turbo bensin 2.0 liter dan transmisi manual enam percepatan dengan maksimum daya sebesar 275 tenaga kuda dan torsi 36 kilogram-force meters, kata Hyundai.

Model ini memiliki beberapa fitur canggih seperti  fitur rev matching dan kontrol peluncuran yang bisa membuat mobil menjadi menarik bagi pembeli. Rev matching digunakan saat melakukan penggeseran ke bawah untuk memperhalus transisi antar gigi dan mencegah beban kejut melalui transmisi. 

Sementara kontrol peluncuran adalah fitur dukungan elektronik yang membantu pengemudi untuk berakselerasi dengan cepat sejak dari awal start.

Hyundai juga menampilkan 13 model lainnya, termasuk 2 lineup model N dan mobil sel bahan bakar hidrogen Nexo untuk meningkatkan citra mereka sebagai produsen mobil premium.

Selain ProCeed dan Ceed GT, Kia juga telah memperkenalkan 14 model lainnya seperti Niro EV dan Sportage sport-utility Vehicle, kata perusahaan itu.

Model ProCeed didukung oleh pilihan mesin turbo bensin 1,0 liter, 1,4 liter, 1,6 liter atau diesel 1,6 liter. Mobil ini membawa beberapa fitur keselamatan, seperti peringatan adanya tabrakan lalu lintas dan peringatan menghindari tabrakan pada bagian depan mobil.

Kia juga mengatakan pihaknya berencana untuk meluncurkan Niro EV, model elektrik pertama, di Eropa pada akhir tahun ini, melengkapi jajaran mobil ramah lingkungan.

Baca juga: GAC Motor tampilkan all-new SUV GS5 dalam debut di Paris Motor Show

Baca juga: David Beckham promosikan mobil Vietnam VinFast di Paris Motor Show



 

Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018