Frankfurt (ANTARA News) - Grup Volkswagen (VW) berencana membuat 10 juta mobil listrik yang menggunakan platform MEB modular pada gelombang pertama produksi massal yang akan diluncurkan di seluruh dunia pada akhir 2022.

VW akan membuat 27 model mobil untuk empat merek di dalam grup mereka berdasarkan platform MEB atau elektrifikasi modular. ID Volkswagen akan menjadi model pertama yang masuk dapur produksi di Zwickau, Jerman, pada akhir tahun depan.

Setelah skandal emisi tiga tahun lalu, VW mencanangkan rencana besar untuk menjadi pemimpin transportasi ramah lingkungan. VW berencana menginvestasikan 6 miliar euro dalam produksi mobil listrik.

"Dalam gelombang pertama saja, sekitar 10 juta mobil grup VW akan menggunakan platform ini," kata kepala mobilitas listrik VW, Thomas Ulbrich yang dilansir Reuters, Selasa (18/9).

Baca juga: Volkswagen menuju produksi 1 juta mobil per tahun

Di sisi lain, perusahaan itu tidak mengungkap tenggat waktu untuk menuntaskan program itu, kendati mereka mematok target penjualan 3 juta unit mobil per tahun pada 2025 dari 50 model yang dijual tiap merek dari grup VW.

Volkswagen, seperti pembuat mobil Jerman lainnya, mendorong produksi mobil listrik sebanyak-banyaknya saat saingannya asal AS -- Tesla -- tengah bermasalah dengan proses manufaktur sedan listrik yang telah diproduksi secara massal.

Pabrikan lainnya, BMW dan Daimler juga berencana meningkatkan produksi dan penjuakan mobil listrik pada tahun-tahun mendatang, demikian Reuters.

Baca juga: VW "kodok" Beetle berhenti diproduksi tahun depan

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018