Jakarta (ANTARA News) - Hyundai mengatakan bahwa All-New NEXO merupakan teknologi unggulan dari rangkaian kendaraan ramah lingkungan (eco-vehicle) Hyundai yang dikembangkan dan dibangun di atas platform kendaraan baru brand Korea ini.

Dilengkapi dengan sistem sel bahan bakar yang revolusioner dan sistem bantuan pengemudi canggih dan cerdas, mobil berbahan bakar hidrogen generasi lanjut dari Hyundai ini menunjukkan seperti apa masa depan mobilitas emisi nol akan terlihat dan memungkinkan pelanggan mengalaminya saat ini.

Hyundai ingin membuktikan bahwa powertrain ramah lingkungan dan berbahan bakar hidrogen dapat sepenuhnya mendukung tuntutan berkendara harian. Berikut enam hal keren mengenai All-New NEXO mengutip uraian Hyundai, Kamis dinihari:

1. Bisa parkir sendiri

Remote Smart Parking Assist memungkinkan NEXO untuk parkir secara mandiri atau memarkir sendiri dengan atau tanpa pengemudi di dalam mobil. Ya, NEXO bisa memarkir sendiri.

Teknologi pada NEXO memungkinkan mobil ini mundur dan memasuki kotak ruang parkir sendiri dengan hanya sentuhan tombol oleh pengemudi. Ketika menghadapi skenario parkir yang menantang, pengemudi NEXO bahkan tidak harus berada di dalam kendaraan untuk mengetahui dengan keyakinan penuh bahwa itu akan masuk ke ruang parkir dengan akurasi 100 persen.

2. Menyetir sendiri (swakemudi)

Selain memarkir sendiri, NEXO dapat mengendarai dirinya sendiri tanpa campur tangan pengemudi di roda kemudi. Pada awal 2018, NEXO menyelesaikan perjalanan yang swakemudi atau tanpa sopir melintasi Korea Selatan, dari Seoul ke Pyeongchang.

Dengan perjalanan 190 mil, ini merupakan perjalanan terpanjang teknologi otonom tingkat empat yang pernah dilakukan.

Itu juga tidak menghabiskan waktu. Sebelumnya, mobil otonom telah menunjukkan kecepatan terbatas pada bagian banyak hambatan, tetapi NEXO melaju hingga 110 km/jam, kecepatan maksimum yang diizinkan di jalan raya Korea.

NEXO bisa pindah jalur dan bermanuver menyalip, melewati gerbang tol, dan bahkan melaju di sekitar bundaran.

3. Isi bahan bakar dengan cepat

Meski memiliki tangki yang lebih besar dari pendahulunya—Hyundai ix35 Fuel Cell—NEXO hanya membutuhkan waktu lima menit untuk mengisi ulang bahan bakar hingga penuh. Itu jauh lebih cepat daripada yang diperlukan untuk mengisi ulang baterai di mobil listrik.

Powertrain sel bahan bakar yang ramah lingkungan dan sangat efisien dari NEXO yang diperkirakan memiliki jangkuan berkendara 666 km (di bawah pengujian WLTP) - lebih baik daripada sel bahan bakar atau mobil listrik lainnya.

Kisaran jangkauan dengan bahan bakar penuh di tangki itu sebanding dengan mesin pembakaran internal dan memberi kepercayaan kepada pengemudi untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

4. Sumber listrik dan air

Selain menawarkan mobilitas nol emisi, NEXO dapat mengatasi kelangkaan listrik di satu lokasi atau di satu tempat. Powertrain sel bahan bakar dapat dihubungkan ke rumah tangga dan digunakan untuk menyalakan banyak peralatan yang ditemukan di dapur, ruang tamu, dan taman rumah.

Karena powertrain hanya menghasilkan uap air sebagai produk sampingan, NEXO juga dapat menyediakan air murni untuk menumbuhkan vegetasi di kebun. Sementara kendaraan konvensional dengan mesin pembakaran internal hanya dapat meminimalkan emisi, NEXO dapat menghasilkan air untuk banyak penggunaan.

5. Bertahan pada suhu di bawah 0 derajat

Awal tahun ini, NEXO diuji dalam kondisi paling ekstrem di bawah nol derajat di Hyundai Mobis Proving Ground di Swedia. Untuk beroperasi dalam lingkungan yang ekstrem seperti itu, para insinyur Hyundai merancang komponen baru untuk memanaskan tumpukan sel bahan bakar NEXO dalam kondisi suhu di bawah nol derajat.

Berkat strategi manajemen panas yang pintar ini, Hyundai NEXO dapat bertahan pada suhu -30 derajat, yang setara dengan jenis kendaraan bertenaga mesin pembakaran internal lainnya.

Ini juga dilengkapi sistem blower untuk menghilangkan air dari tumpukan bahan bakar sebelum menjadi beku.

6. Membersihkan udara

Selain sebagai kendaraan nol-emisi, NEXO juga menyaring dan memurnikan udara saat dikendarai. Ini mengurangi jumlah polusi debu halus yang sama seperti yang dihasilkan  oleh dua mobil diesel yang menempuh jarak yang sama pula.

Filter udara berkinerja tinggi NEXO dapat menyaring partikel mikro lebih kecil dari materi partikulat PM 2,5—jenis yang dapat memengaruhi kesehatan orang ketika level terlalu tinggi.

Singkatnya, ketika udara melalui filter pada NEXO, 99,9 persen partikulat dimurnikan dan kluster instrumen menampilkan seberapa banyak Anda berkontribusi terhadap pembersihan lingkungan di sekitar Anda.

Baca juga: Neuville perpanjang kontrak tiga tahun dengan Hyundai
 

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018