Jakarta (ANTARA News) - Ford Motor meluncurkan sedan sport edisi terbatas, yakni Ford Mustang Cobra Jet 2018, diklaim sebagai mobil drag balap tercepat yang pernah ada karena mampu menempuh seperempat mil dalam waktu beberapa detik.

Mustang Cobra Jet 2018 dirilis dalam edisi terbatas untuk merayakan ulang tahun ke-50 model ini yang pada 1968 mendominasi berbagai kompetisi drag race. Cobra Jet baru membuat debut publik akhir pekan ini di 2018 Woodward Fream Cruise.

Tim Ford Performance Parts mengembangkan mobil Anniversary ke-50 untuk menjadi Mustang Cobra Jet yang paling kuat dan tercepat dari pabrik yang pernah - mampu mencapai 150 mph sambil berputar.

Proyek ini melambangkan kerja sama tim yang erat antara kelompok teknik tradisional dan motorsports untuk memaksimalkan desain, kinerja, dan daya tahan produksi Mustang.
Ford Mustang Cobra Jet 2018 (ANTARA News/Ford)


“Dari Mustang Cobra Jets yang mendominasi musim NHRA Winternationals 1968 hingga pembalap modern kami, tim Ford Performance Parts terus membangun kesuksesan Cobra Jet di lintasan selama lebih dari lima dekade,” kata Eric Cin, direktur global, Ford Performance Parts.

"Ini telah mengilhami generasi penggemar Mustang untuk membuat mesin kinerja mereka sendiri untuk jalan,” kata Cin dalam pernyataan resminya, Kamis (16/8).

Mobil ini didukung oleh versi 5.2 liter khusus Ford 5.0-liter V8 yang terkenal, diperkuat dan dilengkapi dengan 3.0-liter Whipple supercharger.

Baca juga: Ford tawarkan fitur pengereman darurat otomatis mulai 2019

Mesin ini mengirimkan tenaga ke tanah melalui poros belakang 9 inci, guncangan coil-over dua arah dengan ketinggian yang dapat disesuaikan dan sistem rem disk tarik rendah dari Strange Engineering serta suspensi belakang empat-link dengan antiroll dan panel panhard.

Tambahan peningkatan kinerja balap yang disediakan termasuk kandang roll keselamatan bersertifikasi NHRA, kursi bersertifikasi FIA dan roda balap yang tertera tulisan ulang tahun Mustang.
Kemudi Ford Mustang Cobra Jet 2018. (ANTARA News/Ford)


Mustang Cobra Jet yang baru tersedia dalam warna Race Red atau Oxford White dan dapat dilengkapi tanda eksklusif ulang tahun ke-50.

Mobil ini sudah bisa dipesan pelanggan dengan harga ritel 130.000 dolar atau sekita Rp1,9 miliar. Pemesanan harus cepat karena Ford membatasi produksi hanya 68 unit, untuk memperingati debut Cobra Jet pada 1968.

Baca juga: Ford produksi Mustang ke-10 juta, suguhkan 460 tenaga kuda

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018