FIFGROUP tak terpengaruh pelemahan rupiah

Minggu, 13 Mei 2018 07:26 WIB
FIFGROUP tak terpengaruh pelemahan rupiah
Stand SPEKTRA pada pameran Satu FIFGROUP Bagi Negeri (Safari) di Bandung Selatan, Jawa Barat, 11-13 Mei 2018. Dalam Safari ini empat brand FIFGROUP, yakni FIFASTRA, AMITRA, SPEKTRA, dan DANASTRA menawarkan berbagai promo kepada konsumen. (ANTARA News/Suryanto)
Bandung (ANTARA News) - PT Federal International Finance (FIFGROUP), perusahaan pembiayaan di bawah Grup Astra, menyatakan sejauh ini tidak terpengaruh dengan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, termasuk kemungkinan Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan untuk menahan depresiasi rupiah.

Dalam tiga sampai enam bulan ke depan, FIFGROUP masih sanggup mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi kedepan, bahkan dalam tahun ini perusahaan menargetkan pembiayaan sepeda motor Honda mencapai sebanyak 1.487.000 unit, kata Direktur Marketing FIFGROUP Antony Sastro Jopoetro disela pameran Safari FIFGROUP di Bandung Selatan, Jawa Barat, Sabtu malam.

Sementara untuk target pembiayaan FIFGROUP tahun ini, menurut Kepala Wilayah Jawa Barat I FIFGROUP Indra Suryawan, diharapkan mencapai Rp33 triliun yang berasal dari empat brand yakni DANASTRA, SPEKTRA, AMITRA, dan FIFASTRA.

Target Rp33 triliun pembiayaan itu ditetapkan dengan asumsi pencapaian pembiayaan setiap bulannya antara Rp2,2 triliun - Rp2,3 trilin.

Indra mengatakan bahwa pelemahan nilai tukar rupiah hingga menyentuh Rp14 per dolar AS memang di luar ekspektasi, namun dengan sejauh ini kondisi-kondisi itu belum berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis dan pembiayaan FIFGROUP.

Penguatan nilai tukar dolar AS terhadap rupiah, kata Indra, tidak serta merta mempengaruhi bisnis pembiayaan FIFGROUP tidak seperti bisnis perdagangan barang-barang impor. “Jadi dengan kondisi seperti ini tidak begitu berpengaruh terhadap FIFGROUP.”

Di samping itu, lanjut Indra Suryawan, komponen sumber daya pembiayaan FIFGROUP juga sebagian dari bank, dimana bank juga tidak serta merta mengubah atau menaikkan suku bunganya ketika ada perubahan yang terjadi.

“Karena kalau bapak lihat, sekarang masih ada spread yang cukup antara lending rate dan funding rate,” jelas Indra.

Pada 2017 lalu, brand pembiyaan sepeda motor FIFASTRA telah melayani pembiayaan 1.451.890 unit sepeda motor Honda dan mengusasi sekitar 33,1% pangsa pasar pembiayaan sepeda motor nasional.

Brand SPEKTRA yang melayani pembiayaan elektronik, perabotan rumah tangga, modal kerja serta alat kerja produktif, setiap bulannya melayani sekitar 818 ribu orang konsumen.

DANSATRA, brand FIFGROUP yang melayani pembiayaan multiguna, selama ini memberikan pembiayaan antara lain untuk modal kerja, biaya pendidikan, biaya renovasi rumah, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Brand pembiayaan perjalanan religi umrah dan haji AMITRA pada 2017 telah melayani 5.514 orang calon jamaah atau jamaah dan sudah melakukan akad.

Dalam memperingati ulang tahun FIFGROUP yang ke-29 dan menyambut datangnya bulan Ramadhan tahun ini, keempat brand FIFGROUP meluncurkan berbagai macam promo menarik yang berlaku secara nasional yang dirangkum dengan nama Promo Ramadhan Penuh Berkah.

FIFASTRA menawarkan diskon angsuran Rp29 ribu untuk pembelian motor Honda Beat minimal DP Rp4 juta, SPEKTRA pada periode 1 Mei hingga 30 Juni 2018 memberikan promo berupa bunga mulai 1,29% untuk tenor 6 bulan, promo cukup bayar Rp129 ribu untuk tenor 9 dan 12 bulan, dan promo potongan angsuran Rp129 ribu untuk tenor 15 dan 18 bulan.

Brand AMITRA memberikan diskon angsuran sampai dengan Rp29 ribu, diskon admin Rp250 ribu, tanpa DP, dan hadiah langsung paket sembako setiap pembiayaan perjalanan religi dan logam mulia, sedangkan DANASTRA menyediakan kotak P3K eksklusif untuk setiap pengajuan kredit mikro seperti modal kerja, kendaraan, pendidikan, modal nikah, kesehatan, dan renovasi rumah.

Baca juga: Motor matic masih dominasi segmen pembiayaan FIF

Editor: Ida Nurcahyani

COPYRIGHT © 2018

Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akan menyediakan lebih dari 62.000 unit kendaraan swakemudi kepada perusahaan teknologi Alphabet Inc. Puluhan ribu mobil ...
Toyota Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyediakan 18 kendaraan berupa 12 mobil listrik ...
Perusahaan pembiayaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) meluncurkan situs e-commerce jual beli motor bekas momotor.id guna meneruskan ...
Atraksi Gajah Monster menjadi salah satu acara yang paling ditunggu pengunjung pada Otobursa Tumplek-Blek 2018 di Kemayoran, Jakarta, 21-22 Juli. Gajah ...
Kia Motors Corp akan menarik (recall) lebih dari 507.000 kendaraan di Amerika Serikat (AS) atas masalah sistem kelistrikan yang menyebabkan kantung udara ...