Jakarta (ANTARA News) - PT Suzuki Indomobil Motor telah meluncurkan mobil keluarga serbaguna (MPV) All-new Ertiga yang hadir dengan tampilan serba baru serta ukuran body yang lebih besar ketimbang model sebelumnya, pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pabrikan berlogo huruf S itu memanfaatkan keikutsertaanya pada IIMS untuk mengenalkan Ertiga terbaru sekaligus mempersilakan pengunjung menjajal kemampuan kendaraan pesaing Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza di lintasan test drive yang telah disediakan.

Setidaknya terdapat tiga unit Suzuki Ertiga yang bisa digunakan di arena test drive dengan dua pilihan transmisi yaitu manual dan automatic.

Antara News memilih Ertiga GL tipe manual untuk mengitari lintasan sebanyak tiga kali. Kesan pertama saat masuk kabin Ertiga adalah suasana ruang yang lega baik di bagian depan maupun di bangku penumpang.

Tarikan pertama kendaraan bermesin baru 1.500cc ini juga responsif, kendati tidak dicoba dengan kekuatan penuh karena jarak lintasan yang tidak terlalu panjang.

Walaupun mengusung bodi yang lebih panjang 130 mm, namun manuver membelok Ertiga cukup stabil ditambah bobot putaran setir yang tidak terlalu ringan, juga tidak terlalu berat.

Saat melintasi jalanan bergelombang, suspensi All New Ertiga memang agak keras, namun hal itu bisa memberikan kestabilan jika membawa banyak penumpang.
 
Soerang model berpose di samping mobil All New Suzuki Ertiga saat diluncurkan pada pembukaan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). (ANTARA /Zarqoni maksum)

Baca: Diproduksi di pabrik Cikarang, Ertiga baru bidik penjualan 5.000 unit per bulan

Ruang kabin Ertiga memberikan kekedapan suara yang cukup sehingga suara mesin dari luar tidak terlalu terdengar hingga ke dalam.

Selain itu, kursi pengemudi yang bisa ditinggikan hingga 60 mm memudahkan pengemudi menyesuaikan posisi duduk dengan jarak pandang yang lebih luas sehingga berkendara menjadi lebih nyaman. Saat akan memundurkan kendaraan seusai test drive, terdengar bunyi dari sensor parkir yang memudahkan pengemudi.

Sayangnya, pihak Suzuki belum mengumumkan harga resmi All New Ertiga pada pameran ini kendati calon konsumen diperbolehkan memesan lebih dahulu.

Ertiga terbaru diproduksi di pabrik Suzuki di Indonesia sebanyak 5.000 unit per bulan. Suzuki mulai mendistribusikan Ertiga baru ke diler dan konsumen pada pertengahan Mei 2018.

Video:
 
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018