Menurut Priceza, Motor Yamaha R3 adalah motor yang diluncurkan tahun 2015 mengikuti seri R25 yang booming di tahun 2014. 

Motor ini memiliki kapasitas sebesar 321 cc sehingga mampu menempuh jarak 200 km dalam beberapa detik saja. 

Desain full fairing yang dimiliki motor ini membuatnya nampak gagah meluncur di arena balap. Motor dengan bobot 166 kilogram ini dibanderol seharga 65 jutaan. 

Meskipun begitu, melakukan modifikasi pada motor ini agaknya perlu agar performa atau tampilan motor sesuai dengan keinginan. Berikut adalah lima bagian motor yang sering dimodifikasi:

1. Spion
Spion adalah bagian yang mudah terlihat dari motor. Tipe spion yang sering digunakan untuk modifikasi Yamaha R3 adalah spion carbon pendek nemo 1003 keluaran dari GMA Yamaha. 

Spion ini menggunakan kaca cembung dan terbuat dari besi. Panjang cermin pada spion ini adalah 11 cm dan panjang keseluruhan spion adalah 27 cm. Harga spion ini berkisar 150 ribu rupiah. Harga yang lumayan oke untuk modifikasi motor kesayanganmu.

2. Knalpot
Knalpot yang sering dicari oleh para pecinta modif motor Yamaha R3 adalah knalpot bermerk Scorpion Carbon Serket full system. 

Bentuk knalpot merk ini cukup unik, desain segi enam dan dibuat dari bahan karbon komposit dengan teknologi mutakhir membuat knalpot tahan dengan suhu tinggi. 

Penggunaan knalpot ini pada motor kamu dapat meningkatkan performa dan kekuatannya. Kamu pun tidak perlu ragu dengan kualitas dari merk ini karena knalpot merk ini sudah memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh E-Mark dari Eropa. 

Berat motor bila menggunakan knalpot ini pun akan berkurang sekitar 5 kilogram dibanding dengan menggunakan knalpot bawaan dari Yamaha. Harga knalpot ini sekitar 9 juta rupiah. Harga yang fantastis namun untuk performa motor kamu yang makin yahud!

3. Footstep
Untuk footstep banyak pemilik motor Yamaha R3 yang memilih footstep buatan Bonamici. Produk ini berasal dari Italia. Untuk mendapatkannya kamu perlu membayar sekitar 5 juta rupiah. 

Harga yang cukup mahal untuk komponen mungil ini. Kamu yang baru dalam dunia modifikasi motor pasti bertanya-tanya, "kenapa bisa mahal?" 

Menggunakan rearsets dan footstep dari Bonamici menambah kenyamanan saat bermotor dan laju motor makin ngebut. Hal ini karena rearsets dan footsteps ini cukup ringan. Makin nyaman digunakan, performa makin oke, tampilan makin kece. Apalagi yang kurang?

4. Velg
Bosan dengan tampilan roda motor yang biasa-biasa saja? Coba ganti velg motor kamu dengan velg Chemco. 
Harga velg ini sekitar 3,5 jutaan. Dengan harga tersebut kamu sudah mendapatkan velg depan dan belakang. 

Keistimewaan dari velg ini adalah memiliki cakram ganda. Ukuran dari bagian depan velg adalah 3 inchi sementara pada bagian belakang adalah 4,5 inchi. 

5. Ban
Yamaha R3 memiliki ukuran ban depan berbeda dengan ukuran ban belakang. Untuk ban depan berukuran 110/70-17 M/C 54H, sementara ban belakang berukuran 140/70-17 M/C 66H. Motor ini cocok menggunakan ban merk Michelin. 

Ban merk ini memiliki pola tapak yang baik sehingga awet dan tidak membuat motor bising. Selain itu juga menghemat bahan bakar. 

Memilih ban motor yang tepat berarti juga meminimalkan risiko keselamatan kamu selama berkendara. Merk ini pun menjaga kualitas ban dengan memberikan waktu kadaluarsa pada ban. 

Advertorial
Pewarta:
Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2018