Washington (ANTARA News) - Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) merilis daftar 15 kendaraan dari total 62 model kendaraan tahun 2018 telah memenuhi syarat untuk meraih predikat sebagai mobil dengan tingkat keamanan tertinggi (Top Safety Pick+) berdasarkan serangkain uji tabrak.

Sebanyak 15 kendaraan itu memenuhi syarat keamanan terbaik berdasarkan peningkatan fungsi lampu utama serta perlindungan optimal kepada penumpang terhadap bahaya tabrakan dari samping atau depan.

Sedan mewah mendominasi predikat keamanan terbaik dengan menyumbang lima dari 15 model, diikuti empat model sedan kecil.

Subaru memiliki empat kendaraan dengan keamanan terbaik, diikuti Hyundai, Genesis, dan Kia (dua model). Pabrikan populer seperti Toyota, Mercedes-Benz dan BMW juga memiliki model kendaraan yang masuk dalam predikat itu.

Selain mengumumkan 15 kendaraan terbaik, IIHS juga merilis daftar 47 kendaraan yang mendapat predikat keamanan bagus (Top Safety Pick) berkat peningkatan fungsi lampu depan yang tidak disertakan pada penilaian untuk tahun lalu.

Disertakannya hasil uji tabrak samping pada IIHS tahun ini merupakan yang pertama kalinya. IIHS mengembangkan uji tabrakan tersebut karena beberapa produsen tidak memperhatikan keamanan penumpang dari potensi benturan samping, karena pabrikan terfokus pada keamanan supir jika tabrakan terjadi dari depan.

Subaru Impreza model 2018 pada uji tabrak IIHS. (IIHS).

Sejak tahun 2012, para produsen mobil meningkatkan perlindungan untuk posisi supir dalam sebuah tabrakan ringan dari depan. Mereka fokus pada supir karena tidak semua mobil akan mengangkut penumpang. Namun baru-baru ini, perlindungan terhadap penumpang di samping supir juga menjadi perhatian utama.

"Pengemudi berharap para penumpang, yang biasanya adalah anggota keluarga, akan terlindungi sama baiknya dengan mereka," kata Presiden IIHS Adrian Lund seperti dilansir laman resmi mereka, Jumat.

"Produsen telah menangani masalah ini dengan serius sejak pertama kali kami menjelaskannya, dan kami yakin perlindungan akan tabrakan ringan akan menjadi keharusan di posisi penumpang, seperti yang terjadi pada sisi pengemudi," katanya.

Secara total, Toyota memimpin daftar mobil dengan keamanan terbaik dengan menyumbang 10 mobil untuk dua kategori, Top Safety Pick+ dan Top Safety Pick, diikuti Hyundai yang memiliki sembilan model untuk dua kategori berbeda itu.

Daftar mobil dengan keamanan dan keselamatan terbaik versi IIHS Top Safety Pick+:

Sedan kecil
Kia Forte (hanya model sedan)
Kia Soul
Subaru Impreza
Subaru WRX

Sedan
Subaru Legacy
Subaru Outback
Toyota Camry

Sedan besar
BMW 5 series
Genesis G80
Genesis G90
Lincoln Continental
Mercedes-Benz E-Class (sedan only)

SUV menengah
Hyundai Santa Fe
Hyundai Santa Fe Sport

SUV mewah menengah
Mercedes-Benz GLC

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017