Jakarta (ANTARA News) - Saat terjadi kecelakaan, para perempuan umumnya panik dan tak jarang justru menginjak pedal gas, alih-alih pedal rem.

"Perempuan lebih panik saat kecelakaan, malah nge-gas," ujar Product Knowledge Department PT Toyota Astra Motor (TAM) Tommy Hermansyah di Jakarta, Rabu.

Oleh karena itu, beberapa orang memilih kendaraan yang dilengkapi fitur break assist (BA). Fitur ini membantu pengemudi menambah daya pada pengereman saat keadaan darurat, sehingga mengurangi jarak pengereman.

"Brake assist membantu saat kita menekan rem, ada tambahan power. Oleh karena itu, apabila diperhatikan saat pengemudi menginjak rem, dibantu lebih keras," kata Tommy.

Cara menguji kendaraan memiliki BA atau tidak, cukup sederhana. Pengemudi tinggal menyentuh sedikit saja pedal rem. Apabila sentuhan sedikit saja berpengaruh banyak pada rem, maka kendaraan itu memiliki BA.

"Kalau saat nge-rem, kaki nyenggol rem dikit, mobil padat rem-nya, berarti dalam mobil itu ada break assist-nya dan safety," pungkas dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017