Tanya-jawab untuk yang awam soal mobil

Sabtu, 18 Maret 2017 11:47 WIB | 7.494 Views
Tanya-jawab untuk yang awam soal mobil
ilustrasi - Teknisi menyelesaikan proses pemeliharaan mobil di suatu bengkel (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta (ANTARA News) - Beberapa pertanyaan dasar terkait penggunaan dan perawatan kendaraan diajukan pembaca. Kali ini kami mengajak Auto2000 untuk membantu  menjawab pertanyaan tersebut, seperti disajikan oleh I Wayan Merta Yoga, Kepala Bengkel Auto2000 Tebet Saharjo.
 
1. Mobil saya oleh pabriknya diharuskan menggunakan bensin di atas Premium, tapi selama ini saya pakai Premium sepertinya tak masalah. Begitukah? 
Jawab : Oktan menentukan baik buruknya tingkat pembakaran di mesin, makin tinggi oktan biasanya makin baik pembakaran, artinya tenaga yg di hasilkan makin baik, namun juga harus disesuaikan dg kompresi ratio. Pabrik menentukan penggunaan oktan berdasarkan kompresi ratio mesin.
 
2.Berapa waktu yang pas untuk memanaskan kendaraan sebelum dipakai? 
Cukup 1 sampai 2 menit saja, karena mesin sekarang (baru) sudah dilengkapi dengan sebuah sistem untuk mempercepat pemanasan mesin untuk mencapai suhu kerja mesin yang diharapkan.
 
3.Oli apa yang cocok untuk mobil saya, apakah saya bisa memilih oli lain selama itu untuk mobil bensin. Apa ciri2 oli harus diganti. Apa akibatnya jika terlambat
Sebaiknya mengikuti petunjuk dari pabrik, kalo ingin menggunakan merek lain pilih grade yg sama (bisa dilihat di user manual). Waktu penggantian sebaiknya mengikuti jadwal servis : biasanya jarak tempuh maksimal 10.000 KM, atau 6 bulan, mana yg tercapai terlebih duhulu.
 
4. Apa ciri paling gampang shockbreaker depan atau belakang harus diganti, apakah jika dibiarkan ausnya akan merembet ke bagian lain?
Terdapat rembesan oli di sekitar batang shockbreaker (bocor), atau ayunan/bantingan mobil saat berkendara terutama saat melalui jalan rusak terasa keras, jika dibiarkan part yg paling cepat terdampak adalah ban (roda) serta kaki-kaki mobil lainnya.
 
5. Bagaimana supaya nilai jual kembali mobil tidak jatuh ? untuk bodi dan interior secara teratur saya cuci, bagaimana dengan mesin?
Selalu melakukan perawatan berkala (kelipatan 10.000 KM sesuai buku service dan warranty) secara rutin di bengkel resmi.
Untuk cuci mesin (engine cleaning) disesuaikan kebutuhan saja, jika dirasa sudah kotor dan berdebu.
 

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2017

Agen tunggal pemegang merek Toyota di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM), yang baru saja meluncurkan New Agya di Jakarta, Jumat, menargetkan penjualan ...
Saat pembuat mobil di seluruh dunia berlomba mengembangkan dan menguji-coba mobil yang jalan tanpa pengemudi, tanda tanya mencuat: maukah anda naik mobil yang ...
Melalui program corporate social responsibility (CSR) berbasis lingkungan, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperluas cakupan kegiatan Car For Tree ke daerah lain ...
Bridgestone Indonesia meluncurkan produk terbaru Techno Sports dengan pola telapak sporty, daya tahan ban yang lebih baik serta tingkat kebisingan lebih ...
Hal utama yang harus dilakukan kaum wanita yang meniti karir sekaligus menjadi ibu dalam keluarga adalah harus pandai dalam membagi waktu dan peran di dua ...