Tanya-jawab untuk yang awam soal mobil

Sabtu, 18 Maret 2017 11:47 WIB | 8.343 Views
Tanya-jawab untuk yang awam soal mobil
ilustrasi - Teknisi menyelesaikan proses pemeliharaan mobil di suatu bengkel (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta (ANTARA News) - Beberapa pertanyaan dasar terkait penggunaan dan perawatan kendaraan diajukan pembaca. Kali ini kami mengajak Auto2000 untuk membantu  menjawab pertanyaan tersebut, seperti disajikan oleh I Wayan Merta Yoga, Kepala Bengkel Auto2000 Tebet Saharjo.
 
1. Mobil saya oleh pabriknya diharuskan menggunakan bensin di atas Premium, tapi selama ini saya pakai Premium sepertinya tak masalah. Begitukah? 
Jawab : Oktan menentukan baik buruknya tingkat pembakaran di mesin, makin tinggi oktan biasanya makin baik pembakaran, artinya tenaga yg di hasilkan makin baik, namun juga harus disesuaikan dg kompresi ratio. Pabrik menentukan penggunaan oktan berdasarkan kompresi ratio mesin.
 
2.Berapa waktu yang pas untuk memanaskan kendaraan sebelum dipakai? 
Cukup 1 sampai 2 menit saja, karena mesin sekarang (baru) sudah dilengkapi dengan sebuah sistem untuk mempercepat pemanasan mesin untuk mencapai suhu kerja mesin yang diharapkan.
 
3.Oli apa yang cocok untuk mobil saya, apakah saya bisa memilih oli lain selama itu untuk mobil bensin. Apa ciri2 oli harus diganti. Apa akibatnya jika terlambat
Sebaiknya mengikuti petunjuk dari pabrik, kalo ingin menggunakan merek lain pilih grade yg sama (bisa dilihat di user manual). Waktu penggantian sebaiknya mengikuti jadwal servis : biasanya jarak tempuh maksimal 10.000 KM, atau 6 bulan, mana yg tercapai terlebih duhulu.
 
4. Apa ciri paling gampang shockbreaker depan atau belakang harus diganti, apakah jika dibiarkan ausnya akan merembet ke bagian lain?
Terdapat rembesan oli di sekitar batang shockbreaker (bocor), atau ayunan/bantingan mobil saat berkendara terutama saat melalui jalan rusak terasa keras, jika dibiarkan part yg paling cepat terdampak adalah ban (roda) serta kaki-kaki mobil lainnya.
 
5. Bagaimana supaya nilai jual kembali mobil tidak jatuh ? untuk bodi dan interior secara teratur saya cuci, bagaimana dengan mesin?
Selalu melakukan perawatan berkala (kelipatan 10.000 KM sesuai buku service dan warranty) secara rutin di bengkel resmi.
Untuk cuci mesin (engine cleaning) disesuaikan kebutuhan saja, jika dirasa sudah kotor dan berdebu.
 

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2017

Pabrikan otomotif Meksiko, Giant Motors Latinoamerica, tengah mengembangkan purwarupa taksi elektrik untuk menggantikan taksi berbahan bakar minyak yang ...
Pengembangan teknologi mobil swakemudi menjadi salah satu topik yang dibahas Audi dalam pertemuan tahunan mereka, pekan lalu, yang juga membahas serangkaian ...
PT Shell Indonesia meluncurkan produk pelumas mesin sepeda motor terbarunya, Shell Advance 4T AX5 Scooter 10W-30, yang diperuntukkan khusus bagi pengguna ...
Komunitas otomotif penggemar mobil Toyota Kijang Innova, Innova Community, menyalurkan donasi bagi warga Baduy Luar yang menjadi korban kebakaran baru-baru ...
Agen pemegang merek Tata Motors di Indonesia, PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), mengoreksi target pertumbuhan penjualan mereka sepanjang tahun 2017 ...