Jenewa (ANTARA News) - Volkswagen memamerkan mobil swakemudi "Sedric" pada pameran otomotif Geneva Auto Show sebagai upaya produsen mobil asal Jerman itu bangkit dari skandal emisi diesel dan tampil terdepan di bidang teknologi.

Produsen mobil terbesar di Eropa itu mengatakan akan menginvestasikan dana miliaran euro dalam proyek mobil listrik dan swakemudi. Mereka juga berencana meluncurkan lebih dari 30 model mobil listrik pada 2025 untuk memulihkan nama baiknya pasca-skandal uji emisi.

Mobil konsep swakemudi "Sedric" yang beroperasi swakemudi secara penuh adalah model pelopor dari grup Volkswagen (VW) di tahun-tahun mendatang, kata Chief Executive Matthias Mueller di Jenewa dilansir dari Reuters, Selasa.

Mueller menambahkan VW akan mempekerjakan para ahli dan siap menghabiskan dana miliaran euro hanya untuk proyek mobil swakemudi.

Sedric bisa membawa empat penumpang dan dapat digunakan untuk armada angkutan serta konsumen individu.

Raksasa internet Google adalah pelopor teknologi swakemudi sejak 2015. Namun sejumlah perusahaan seperti Uber, Apple hingga pabrikan mobil konvensional merancang mobil swakemudi.

Mercedes-Benz meluncurkan konsep mobil otonom F 015 pada dua tahun lalu. Di sisi lain, Toyota menilai mobil swakemudi tidak akan digunakan secara luas selama 10-15 tahun mendatang, sedangkan Ford tidak berencana menawarkan kendaraan swakemudi hingga 2025.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017