Jakarta (ANTARANews) - Satu lagi penantang baru di segmen mobil terbesar yaitu kendaraan serbaguna (MPV) bakal hadir meramaikan pasar Indonesia tahun depan.

Kali ini datang dari pemain tangguh di segmen kendaraan niaga dan sport (SUV), yaitu Mitsubishi.

Tidak tanggung-tanggung, untuk nyemplung ke pasar terbesar tersebut, Mitsubishi Motor Corp membangun pabrik baru berkapasitas 160 ribu unit per tahun di Cikarang, Jawa Barat.

Hal itu menjadi bukti, Mitsubishi bakal serius menggarap pasar MPV kecil dengan kapasitas tujuh penumpang.

"Kami harus mengubah bisnis model kami," kata CEO Mitsubishi Motor Corp (MMC) Osamu Masuko sehari sebelum world premiere mobil konsep MPV kecil yang bakal dipasarkan di Indonesia tahun depan.

Selama ini Mitsubishi dikenal tangguh dan menjadi pemimpin pasar di kendaraan niaga, seperti truk dan minibus. Namun, keberhasilan pemasaran Pajero Sport meyakinkan Mitsubishi masuk lebih dalam ke kendaraan penumpang, melalui MPV kecil yang didesain khusus untuk pasar Indonesia.

Pertama kali melihat tayangan video mobil konsep yang diberi nama Mitsubishi XM atau Crossover MPV itu, kendaraan tersebut tidak hanya lincah menghajar medan jalan yang kasar, tapi penampilan luarnya juga keren dengan desain yang maskulin, khas mobil sporty (SUV).

"Mobil ini memang didesain memadukan ketangguhan SUV dan kenyamanan MPV," kata Eksekutif Wapresdir MMC Kozo Shiraji ketika memperkenalkan mobil konsep tersebut ke publik yang hadir di pameran Gaikindo.

Desain yang bagian depan yang mengusung konsep Dynamic Shield memberi ekspresi tangguh dan kuat. "Itu memang di desain untuk melindungi kendaraan dan penumpang," ujar Corporate GM of Desain Office MMC Tsunehiro Kunimoto.

Selain itu garis karakter yang kuat di badan kendaraan membuat mobil tersebut terkesan futuristik, dan ramping kendati agak lebar di belakang khas MPV yang menampung banyak penumpang.

Harus diakui desain mobil tersebut memang mencuri perhatian, hanya dengan melihatnya pada pandangan pertama. Apalagi warnanya "ngejreng", hijau menyala.

Tidak hanya itu desain interiornya pun nampak mewah, dengan kombinasi warna hitam dan putih, serta ruang kemudi yang yang didesain penuh ornamen yang membuat citra eksklusif.

"Kami memang ingin menciptakan interior kelas premium (kelas atas)," kata Shiraji.

Konsep Dengan desain eksterior yang berbeda dengan MPV pada umumnya, dan interior yang terkesan mewah, harga mobil tersebut diperkirakan bisa menembus angka di atas Rp200 juta.

Kunimoto dalam wawancara eksklusif dengan sejumlah media mengatakan belum berpikir soal harga, meskipun memberi petunjuk bahwa Crossover MPV Mitsubishi yang bakal mengusung mesin 1.500 cc itu akan mengincar pasar pemula (entry level).

"Saat ini mobil tersebut, masih sebatas konsep. Biasanya designer membuat mobil sesuai dengan konsep yang ada, tanpa mengurusi soal biaya (produksinya)," kilah Kunimoto.

Namun, ia meyakinkan bahwa MPV kecil Mitsbishi - yang akan dipasarkan Oktober 2017 di Indonesia itu dan bakal diekspor pula ke sejumlah ke negara di ASEAN - tidak akan jauh berbeda dengan desain yang ditampilkan dan diperkenalkan ke publik pada pembukaan GIIAS 2016.

Interiornya yang mewah dengan banyak ruang penyimpanan bakal menarik kaum hawa, sedangkan eksteriornya yang tangguh bisa mencuri perhatiaan para pria.

"200 designer global Mitsubishi, terutama dari Jepang dan Jerman, mendesain MPV ini," kata Kunimoto.


Oleh
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016