Jakarta (ANTARA News) - PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan All New Honda Civic pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran Jakarta, 7 April 2016. 

Generasi kesepuluh itu tampil semakin dominan dengan desain lebih elegan yang berbeda dari generasi sebelumnya serta fitur-fitur yang semakin canggih. 

Dan untuk pertama kalinya, mesin turbo disematkan pada All New Honda Civic, yang menjadikan sedan ini tidak hanya memiliki kemewahan namun memacu adrenalin pengemudinya.

"All New Honda Civic dikembangkan berdasarkan reputasi besar dari generasi-generasi sebelumnya, sambil mendobrak batasan baru untuk menciptakan model Civic terbaik yang pernah ada," kata President Director PT HPM Tomoki Uchida.

Honda Civic adalah sebuah legenda sedan yang terus bertahan mengikuti perkembangan zaman. 

Sedan ini pertama kali diperkenalkan pada Juli 1972 sebagai coupe dua pintu, diikuti dengan versi hatchback tiga pintu pada September tahun yang sama. 

Diperkenalkan sebagai sebuah mobil compact yang bertenaga dan hemat bahan bakar, Honda Civic langsung diterima dengan sangat baik oleh konsumen di seluruh dunia. 

Hingga saat ini, Honda Civic telah dipasarkan di lebih dari 170 negara di seluruh dunia, dan telah mencatat penjualan lebih dari 23 juta unit.

Honda menghadirkan generasi-generasi Civic berikutnya dengan terobosan teknologi dan inovasi yang terdepan pada masanya. 

Keunggulan Honda Civic tersebut juga telah menghasilkan lebih dari 700 penghargaan bergengsi yang diterima di berbagai negara di dunia. 

Di Indonesia, Honda Civic telah meraih penjualan lebih dari 112 ribu unit sejak tahun 1976 hingga saat ini. Tak hanya dari penjualan, Honda Civic di Indonesia juga meraih sebanyak 21 penghargaan bergengsi di Indonesia, termasuk untuk gelar mobil terbaik, mobil favorit konsumen, teknologi terbaik dan masih banyak lagi. 

"Civic mencapai penjualan sedan tertinggi di Indonesia sampai saat ini," kata Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy.


Honda Civic dari masa ke masa

Honda Civic menganut sistem gerak roda depan, di mana mesinnya diletakan melintang, sehingga dapat menyediakan ruang interior yang cukup luas walaupun dimensi mobil terbilang kecil.

Generasi pertama Honda Civic diluncurkan 1972 dan mulai dijual tahun 1973. Bermodalkan mesin 1.2L 4 segaris, mobil ini didesain untuk melawan mobil-mobil kompak Amerika saat itu.

Versi mesin CVCC diluncurkan 1975 dengan kapasitas 1.5L 53 hp. Mesin ini mempunyai pembakaran yang lebih efisien tidak memerlukan catalic converter dan bahan bakar bebas timbal untuk memenuhi kebutuhan emisinya.

Generasi kedua Honda Civic diperkenalkan 1980. Bentuknya lebih besar dan lebih membulat dari pendahulunya. Semua mesin Civic generasi kedua sudah menggunakan mesin CVCC dengan penambahan katup ketiga pada tiap silindernya, menggunakan mesin 1335 cc bertenaga 55 hp (41 kW) dan mesin 1500 cc bertenaga 67 hp (50 kW).

Generasi ketiga diluncurkan 1984. Menggunakan mesin 4 silinder seri D 1500 cc dengan CVCC. Di Jepang tahun 1984 diluncurkan pula Honda Civic Si dengan mesin yang lebih bertenaga, juga perbaikan pada suspensi dan mesin 1.6L DOHC bertenaga 130 ps.

Honda Civic generasi keempat diperkenalkan pada tahun 1988 dimana Civic didesain ulang dengan peningkatan dimensi dan garis kap mesin yang lebih rendah.

Honda Civic generasi kelima hadir pada tahun 1991. Di Indonesia yang memiliki empat pintu di sebut Honda Civic Genio dan untuk yang memiliki dua pintu (Hatc Back) di sebut Honda Civic Estilo. Honda Civc Genio Memiliki 6 Jenis mesin dan yang tercepat yaitu B16A2 yang memiliki 160hp.

Generasi keenam Honda Civic diperkenalkan tahun 1995. Mobil ini memenangkan penghargaan Car of the Year Japan untuk ketiga kalinya.

Generasi ketujuh Honda Civic diluncurkan bulan September 2000. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, ruang interiornya jauh lebih luas sehingga kelasnya naik menjadi segmen mobil kompak.

Honda Civic generasi kedelapan diluncurkan tahun 2005. Generasi Civic kedelapan ini memperkenalkan panel instrumen "two-tier".

Generasi kesembilan Honda Civic diluncurkan pertama kalinya pada 2011 di pasar Amerika Utara. 

Kehadiran Honda Civic generasi sepuluh membuat sedan tersebut sebagai yang pertama di kelasnya menggunakan mesin turbo. All New Honda Civic tersedia dengan mesin 1.5L VTEC Turbo, 1.8L VTEC Turbo, dan 2.4L VTEC Turbo. Di Indonesia hanya tersedia dengan pilihan mesin 1.5L.

Mesin turbo tersebut disiapkan selama tiga tahun. Chief Engineer Global Development Assistant Leader All New Civic Honda R&D Yuji Matsumochi mengatakan penggunaan mesin turbo pertama di kelas Honda Civic tidak membuat mobil itu boros bahan bakar.

Honda juga mendobrak model Civic dengan tampilan saat ini yang sedikit berbeda, lebih lebar, lebih panjang, dan sisi bagian belakang yang lebih rendah.

Pada bagian belakang, Matsumochi menjelaskan bahwa All New Civic terlihat lebih rendah karena ada penurunan 20mm dari lantai tempat duduknya dari generasi sebelumnya.

"Di bagian belakang untuk menambah ruang di bagian lutut ditambah 55 mm, sedangkan panjangnya dibandingkan sebelumnya 90 mm lebih panjang. Jadi lebih ceper karena berpengaruh dengan handling-nya. Dengan kondisi seperti itu dan penggunaan mesin lebih kecil jadi kabin bisa dibuat lebih luas," ungkapnya.

Honda Civic merupakan salah satu sedan dengan penjualan tersukses, baik di Indonesia maupun secara global.

"Desain baru yang atraktif sekaligus mewah, fitur berteknologi tinggi, hingga rasa berkendara yang sporty dengan mesin Turbo pertama di kelasnya, akan mengembalikan gairah pada segmen sedan di Indonesia," ujar President Director PT HPM Tomoki Uchida.


Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016