Jakarta (ANTARA News) - Jeffrey Polnaja penjelajah dunia asal Jawa Barat sukses menuntaskan misi "Ride For Peace" berkeliling dunia seorang diri melintasi 97 negara sejauh 420.000 km menggunakan motor besar BMW R 1150 GS.

Jeffrey Polnaja yang akrab disapa Kang JJ tiba di Jakarta, Sabtu, setelah menutup perjalanan keliling dunia di Timor Leste kemudian melintasi Nusa Tenggara Barat, Bali, melintasi Pulau Jawa menuju Jakarta.

"Selepas perbatasan Timor Leste, sebenarnya saya sudah merasa misi Ride For Peace ini sudah tuntas karena Nusa Tenggara Barat sudah masuk wilayah Indonesia," kata Jeffrey Polnaja di kantor Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI), Senayan, Jakarta, Sabtu.

Jeffrey Polnaja memulai petualangan pertamanya pada tahun 2006 dengan melintasi kawasan Asia, Timur Tengah, Afrika dan Eropa.

Pada 2012 Jeffrey Polnaja yang sempat kembali ke Indonesia melanjutkan perjalanannya dari Belgia untuk melintasi Eropa menuju Siberia. Kang JJ kemudian menyebrang ke Benua Amerika menuju Alaska dan ujung selatan Amerika Selatan.

Jeffrey Polnaja menjadi orang kedua di dunia yang pernah mengendarai sepeda motor terjauh seorang diri. Orang pertama yang berhasil berkendara dengan jarak terjauh adalah Emillio Scotto asal Argentina yang berhasil menempuh 735.000 km menggunakan motor Honda Gold Wing GL1100.

Nanan Soekarna selaku ketua IMI mengapresiasi perjalanan Jeffrey Polnaja karena turut memperkenalkan Indonesia di negara yang dilintasinya.

"Selamat datang Kang JJ yang setelah ini pasti tidak akan berhenti berpetualang. Semoga terus bisa mengibarkan bendera Indonesia lewat perjalanannya," kata Nanan.

Ketua Ride For Peace Fahmi Idris juga menyampaikan rasa bangganya ketika menyambut Jeffrey Polnaja turun dari motor BMW untuk menutup perjalanan.

"Ini perjalanan dalam misi perdamaian karena melintasi negara sambil membawa bendera Indonesia di motornya," ucap Fahmi Idris.

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015