Frankfurt, Jerman (ANTARA News) - Nissan memperkenalkan mobil konsep Gripz di gelaran Frankfurt Auto Show, Jerman, pekan ini.

Mobil tersebut diprediksi bakal menyita perhatian karena tampilannya yang crossover dari banyak model seperti reli, offroad, coupe dan hybrid.

Gripz terinspirasi mobil reli Datsun 240Z Safari yang disebut bos Nissan Eropa Paul Willcox sebagai "mungkin mobil crossover pertama Nissan."

Gripz juga memamerkan teknologi dan desain yang akan memimpin generasi penerus Nissan, seperti konstruksi yang ringan dan dapur pacu hybrid.

Wakil Presiden Senior untuk Desain dan Kepala Tim Kreatif Nissan, Shiro Nakamura, mengatakan Gripz adalah mobil crossover yang bisa menjelma menjadi mobil berperforma tinggi, demikian dilansir USA Today, Selasa waktu setempat.

Pengemudi bisa memilih sejumlah mode seperti EV untuk berkendara sehari-hari, 4WD untuk kesenangan offroad atau jalanan bersalju atau drift yang menggunakan penggerak elektrik Gripz dengan sensasi ala mobil sport berpenggerak roda depan.

Desainnya diprediksi bakal menginspirasi Juke yang baru, beratap hitam buram menyambung hingga kap mesin yang disebut Nakamura berdesain V-Motion, desain khas Nissan ke depannya.

Sementara interiornya diinspirasi oleh sepeda balap dan menitik beratkan penggunaan fiber karbon.

Apabila anda membawanya berkendara offroad, kamera yang disematkan di lampu depan akan merekam semua perjalanan anda dan mengunggahnya ke internet, secara langsung, sementara sebagian pengguna yang berkarakter penuh tanggung jawab akan memanfaatkannya sebagai cctv saat mobil sedang terparkir.

Dengan memadupadankan kesemuanya itu akan menghasilkan apa yang disebut Willcox sebagai "crossover paling crossover", yang juga menjadi bocoran untuk masa depan Nissan.
Penerjemah: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2015