Jakarta (ANTARA News) - Produk low MPV Toyota Astra Motor, Toyota Avanza, telah terjual sebanyak 3.136 unit di Surabaya, Jawa Timur, selama periode Januari hingga Agustus 2015.

"Total jualan 3.136 Avanza sampai Agustus dari 10 cabang Toyota di Surabaya. Sembilan cabang untuk mobil penumpang dan satu cabang mobil komersil," kata Ikhsir Imanuwell Thouby Kepala Cabang Auto 2000 Ahmad Yani Surabaya, Sabtu.

Ikhsir menjelaskan jumlah tersebut mewakili 37,9 persen pangsa pasar Toyota di Surabaya. Namun jumlah tersebut dianggap turun dari rata-rata pangsa pasar yang biasanya mencapai 40,1 hingga 40,3 persen.

"Peminat Avanza di Jawa Timur cukup besar. Namun penjualan sempat turun karena waktu itu suplai Avanza baru belum masuk sementara Avanza yang lama sudah abis," jelas Ikhsir.

Selain itu, Ikhsir yakin penjualan Toyota Avanza di Surabaya mampu mencapai 200-300 unit perbulan kendati penjualan otomotif nasional sedang turun dengan cara kegiatan test drive Grand New Avanza dan Grand New Veloz.

Test drive

Auto 2000 dealer resmi Toyota di Indonesia rajin menggelar test drive Grand New Avanza dan Grand New Veloz bahkan siap memberikan undian berhadiah satu unit Toyota Innova dan enam unit motor mulai hari ini hingga 30 September 2015.

"Sejak pertama kali diluncurkan, dealer-dealer banyak melakukan test drive karena banyak perubahan antara Avanza lama dengan yang baru. Untuk itu mulai hari ini Auto 2000 membuat test drive Avanza berhadiah satu Innova," kata Rouli Sijabat selaku Public Relation Manager Toyota Astra Motor di Auto 2000 Ahmad Yani Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Kepala Cabang Auto 2000 Ahmad Yani Surabaya Ikhsir Imanuwell Thouby mengatakan kegiatan test drive akan memberikan pengalaman berkendara kepada masyarakat, komunitas Toyota dan komunitas non Toyota yang juga diundang untuk mencicipi Grand New Avanza.

"Harapannya bisa menyampaikan pengalaman berkendara Avanza baru karena membeli itu tidak harus sekarang, melainkan bisa terjadi di masa mendatang. Yang penting mereka sudah mencoba Toyota Avanza," kata Ikhsir.

Ikhsir menyebutkan poin-poin yang menjadi perhatian peserta test drive Grand New Avanza di antaranya, mesin yang responsif, tingkat kebisingan rendah serta suspensi yang lebih empuk.

"Rasanya lebih halus ya mesinnya, jika tidak test drive saya tidak akan tahu kelebihannya," kata Yuliana salah satu peserta test drive dari Surabaya.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015