Jakarta (ANTARA News) - Berikut tips mengemudi ramah lingkungan dan hemat bahan bakar dari Ford Driving Skills for Life (Ford DSFL) seperti dituturkan Communications Director PT Ford Motor Indonesia Lea Kartika Indra :

Merencanakan dengan baik perjalanan. Pikirkan baik-baik sebelum memutuskan mengemudi mobil termasuk jarak tempuh dan kepentingan berkendara. Selain itu hindari mengemudi saat jam-jam sibuk yang sering menimbulkan kemacetan.

Cek kondisi ban. Pastikan tekanan ban dalam keadaan cukup. Ban yang kurang tekanan dapat memperlambat jarak tempuh 0,3 persen setiap 1 psi.

Gunakan bahan bakar dan oli yang direkomendasikan. Usahakan untuk tidak membawa banyak barang. Setiap kelebihan 20 kilogram muatan, maka akan boros sekitar satu persen efisiensi bensin.

"Pacu mobil dalam kecepatan sekitar 60 sampai 80 kilometer per jam untuk efisiensi bensin terbaik karena menghasilkan emisi yang cukup rendah," kata Lea.

Perhatikan akselerasi dan pengereman. Akselerasi dan pengereman yang tinggi akan menyedot penggunaan bensin hingga 30 persen, selain dapat cepat merusak kendaraan.

Gunakan AC dengan bijak. Menjaga kondisi mobil tetap dingin justru akan membuat lebih hemat bahan bakar. "Kalau kecepatan kendaraan di bawah 80 kilometer per jam kita bisa mematikan AC dan membuka jendela," kata Lea.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015