Jakarta (ANTARA News) - Oli dan kanvas rem menjadi suku cadang paling dicari para pengendara motor sebelum mudik Hari Raya Idul Fitri 1436.

"Biasanya dua minggu sebelum lebaran ramai ganti spare parts," kata Denis Iskandar dari Iskandar Motor di kawasan Kampung Melayu kepada Antara News, Selasa.

Umumnya, suku cadang yang paling banyak terjual menjelang mudik adalah yang berkaitan langsung dengan mesin motor, seperti oli karena kendaraan akan menempuh perjalanan yang jauh.

Selain kanvas rem dan oli, Oktavianus, karyawan Mitra Motor menambahkan lampu depan juga penting untuk diperhatikan sebelum menempuh perjalanan jauh.

"Ada juga yang bawa cadangan lampu depan saat perjalanan jauh," kata dia.

Adapun untuk penggunaan oli, kata Supri karyawan Hoki Motor, biasanya disesuikan dengan jenis motor.

Motor matic umumnya menggunakan oli yang lebih cair ketimbang motor yang berkopling.

Selain itu, ban juga tidak kalah penting untuk dicek sebelum perjalanan. Ban yang sudah botak sebaiknya segera diganti agar tidak membahayaka keselamatan pengendara.

Harga suku cadang di Jalan Otista, Kampung Melayu beragam. Kanvas rem dijual mulai harga Rp 25.000-Rp 50.000, oli Rp 20.000-Rp 100.000, ban dalam sekitar Rp 25.000, ban luar sekitar Rp 135.000, dan lampu depan mulai Rp 20.000.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015