Jakarta (ANTARA News) - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) resmi mengumumkan pameran otomotif yang akan mereka gelar pada  20-30 Agustus 2015 bertajuk Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 yang bertempat di Indonesia Convention Center (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Banten.

Selain perubahan nama, sebelumnya menggunakan Indonesia International Motor Show (IIMS), perubahan lokasi penyelenggaraan juga dilakukan sebagai upaya menyediakan lahan pameran yang lebih luas dibandingkan edisi-edisi sebelumnya.

"Perpindahan lokasi memang karena kritik dari media dan eksibitor, yang merasa lokasi lama sudah tidak menampung. Kini di tempat yang baru, jelas lebih luas dibanding yang lama," kata Ketua Penyelenggara GIIAS 2015 Johnny Darmawan dalam sesi konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Johnny menuturkan perbedaan mencolok dari ICE dengan lokasi penyelenggaraan pameran sejak 2009 silam di Jakarta International Expo, termasuk luas total lahan yakni 220.000 meter persegi berbanding 100.000 meter persegi.

"Nantinya untuk ruang pamer indoor sendiri di ICE mencapai 60 ribu meter persegi luasnya, sedangkan di JIExpo hanya 37.500 meter persegi.

"Sekarang para eksibitor kendaraan komersil termasuk truk-truk juga bisa masuk ke ruang pameran indoor," katanya.

Sedikitnya 30 merek kendaraan dari para Agen Pemegang Merek (APM) telah memastikan keikutsertaan mereka dalam ajang GIIAS 2015, yang 23 di antaranya merupakan merek kendaraan penumpang yakni Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, Jaguar, KIA, Land Rover, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors dan VW, serta tujuh merek kendaraan komersial yaitu FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna dan UD Trucks.

Menurut Johnny jumlah tersebut baru menghitung para APM yang sudah berkomitmen, belum termasuk beberapa yang masih di tahap negosiasi.

"Jumlah 30 merek yang sudah pasti, sisanya masih tentatif. Mereka masih belum mengkonfirmasi dengan masing-masing masalahnya, ada yang masih memperhitungkan anggaran juga kesiapan mereka sendiri," katanya.

Sementara itu pihak Gaikindo mematok target pengunjung yang sama dengan kala terakhir kali mereka menyelenggarakan IIMS 2014 lalu, yakni sebanyak 380.000 pengunjung selama 10 hari pegelaran.

"Targetnya masih sama, karena memang ini pertama kalinya pameran dipindahkan ke tempat baru. Jadi mungkin kita lihat dulu bagaimana antusiasme masyarakat," katanya.

Sebagai informasi, Gaikindo kini menggandeng event organizer Seven Events untuk mengelola GIIAS 2015, setelah sebelumnya bersama Dyandra. Menariknya pihak Dyandra juga menggelar pameran otomotif, yang masih menggunakan nama IIMS, pada waktu yang sama, 20-30 Agustus 2015 di JIExpo.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015