Jakarta (ANTARA News) - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengumumkan King of Juke Alter Ego Modification Contest untuk Wilayah Barat (Jakarta dan sekitarnya), Sabtu malam.

Gelar King of Juke Alter Ego berhasil dimenangkan oleh Franklin Ekin dari Bogor dengan konsep modifikasi Super-car Nissan GTR.

"Saya pilih GTR karena seri tersebut tidak masuk di Indonesia. Saya lakukan perubahan semuanya kecuali pada mesin," kata Franklin yang juga pengusaha bengkel itu.

Menurut Franklin, perubahan yang paling total pada interior. Franklin memilih warna hitam untuk catnya sebagai warna kesukaannya. Pengerjaan modifikasi, lanjutnya, membutuhkan waktu dua pekan di tiga bengkel.

Untuk bisa memenangi kompetisi ini, pria berusia 26 tahun itu rela mengeluarkan kocek hingga ratusan juta rupiah.

"Dari Nissan dikasih modal Rp15 juta tetapi saya tambah sampai 100 jutaan," ujar Franklin yang mendapatkan hadiah utama berupa uang tunai sebesar Rp 30 juta. Sedangkan juara kedua dimenangkan oleh Mulyadi Liem dari Jakarta dengan konsep Street Racing Car yang memperoleh uang tunai senilai Rp 20 juta dan Juara Ketiga dimenangkan oleh Eggy Marshal Pratama dengan konsep modifikasi Street Racing Car yang berhak atas hadiah uang tunai senilai Rp 10 juta.

Juke Alter Ego Modification Contest merupakan kontes modifikasi yang diselenggarakan untuk mengapresiasi dukungan dan kepercayaan para pecinta Nissan Juke di Indonesia, cross-over yang memiliki performa mengesankan dengan penampilan yang distinctive dan dilengkapi dengan advance technology. Juke Alter Ego Modification Contest diselenggarakan dalam dua wilayah, yaitu Wilayah Barat (Jakarta dan sekitarnya) dan Wilayah Timur (Surabaya dan sekitarnya).

Pada 5 Desember lalu, pemenang untuk wilayah timur (Surabaya dan sekitarnya) telah diumumkan di Surabaya. General Manager Marketing Strategy & Product Planning NMI Budi Nur Mukmin mengatakan meskipun kompetisi ini baru pertama kali digelar namun antusiasnya cukup baik dengan ide-ide yang kreatif.

"Kami puas dengan ide-ide yang masuk ke panitia, yang menandakan bahwa kompetisi ini sukses mendukung pemilik Nissan Juke di Indonesia untuk berani mengaktualisasikan pribadi unik mereka yang berbeda dari kebanyakan orang. Hal ini sesuai dengan nilai bold and distinctive yang merupakan karakter dari Nissan Juke," jelasnya.

Kelima finalis Nissan Juke Alter Ego Modification Contest di Wilayah Barat yang terpilih memiliki konsep modifikasi berbeda yang mencerminkan keunikan pribadi para pemiliknya. Dua finalis lain Wilayah Barat yang juga masuk ke babak show-off di Jakarta adalah; Hans Fernaldy dari Bandung dengan konsep Japan Grand Touring Car; dan Yoga Arkasa dari Jakarta dengan konsep Offroad Style.

Dalam menentukan pemenang, dewan juri melakukan proses penilaian secara ketat dan menyeluruh yang meliputi eksterior, interior, kaki-kaki hingga sound system, yang mencakup kriteria desain, detailing, material, dan finishing. Penilaian juga dilakukan pada aspek fungsionalitas, artinya seluruh modifikasi yang telah dilakukan tidak boleh mengurangi fungsi ataupun kinerja kendaraan.

Pewarta: Monalisa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014