Jakarta (ANTARA News) - Tingginya angka kecelakaan di jalan raya akibat kelalaian manusia dalam mengemudi, mendorong Toyota kembali mengajarkan kepada masyarakat bagaimana mengemudi yang baik dan cerdas guna menekan kecelakaan.

Kegiatan bertajuk "Drive your life!" tersebut dimulai kemarin bersamaan dengan kedatangan tim Avanzanation Journey di Makasar, Sulawesi Selatan.

"Kami berbagi ilmu dan pengalaman mengenai keselamatan berkendara yang diharapkan berguna bagi masyarakat luas, dan tidak hanya di Jakarta melainkan juga diluar pulau Jawa," kata Presdir PT. Toyota Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan pada keterangan persnya di Jakarta, Senin.

Kepedulian Toyota itu didorong oleh data yang dikeluarkan Indonesia Defensive Driving Center yang meyebutkan bahwa 97 persen kasus kecelakaan lalu lintas di Indonesia terjadi karena kelalaian manusia.

Selain itu data Kepolisian Republik Indonesia tahun 2012 menyebutkan adanya 117.000 lebih kasus kecelakaan di tanah air yang menyebabkan 30.000 orang meninggal dunia dan sekitar 168 ribu orang  mengalami luka ringan maupun berat.

Pembekalan cara mengemudi yang baik kepada komunitas pemilik Toyota Avanza di Makasar itu berupa pengenalan karakter dan perilaku berkendaraan yang disampaikan oleh tim psikilogi, antara lain bagaimana mengendalikan emosi saat mengemudi. Kemudian instruktur berpengalaman dalam "safety driving" memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar mengemudi.

Selain Makasar, Toyota Smart Driving - Drive Your Life! akan diadakan di empat kota lainnya yaitu  Semarang (Jawa Tengah) dan Denpasar (Bali) pada 2 Maret 2014, kemudian Bandung (Jawa Barat) dan Manado (Sulawesi Utara) pada 8 Maret 2014.

Sejak tahun 2007 TAM secara konsisten telah berbagai ilmu tentang keselamatan berkendara setiap tahun kepada masyarakat baik di kampus, komunitas pemilik mobil Toyota, dan menggelar klinik edukasi mengemudi yang baik untuk wanita dan anak muda, termasuk belum lama ini mengajarkan berkendara secara aman kepada para finalis Wajah Femina 2013.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014