Jakarta (ANTARA) - Sejak pertama kali diluncurkan pada 2006, Toyota Rush mengalami beberapa kali peningkatan, dan di umurnya yang ke 18 kali ini SUV tujuh penumpang tersebut mendapatkan peningkatan yang signifikan untuk varian GR Sport.

Sempat menjajalnya baru-baru ini, ANTARA menemukan sejumlah peningkatan baik dari segi perawakan hingga fitur yang ditawarkan di varian tertinggi dari Rush.

Tampilan Rush dengan title GR Sport kini terkesan lebih gahar dan tangguh dengan karakter yang sporty khas divisi balap Toyota tersebut.

Baca juga: Toyota tarik 60.000 Rush karena airbag bermasalah

Baca juga: Toyota perluas pilihan aksesoris Calya, Avanza, Rush dan Hilux


Perubahan cukup besar tampak di bagian depan, dengan grille hitam glossy dan bumper spoiler depan hitam glossy pula.

Toyota Rush GR Sport (ANTARA/HO/Toyota Astra Motor)
Toyota Rush GR Sport (ANTARA/HO/Toyota Astra Motor)


Sentuhan warna hitam yang mewah juga tersemat pada bagian spion dan gagang pintu. Emblem Dual VVT-i yang sebelumnya terpasang di sepatbor depan digantikan dengan overfender hitam glossy untuk melindungi seluruh sepatbor dan membuatnya tampil gagah.

Peningkatan lainnya adalah desain baru pada moulding bodi samping berwarna hitam glossy yang kini diletakkan lebih rendah dari sebelumnya. Desain ini menjadi lebih enak dipandang dan menyatu dengan velg baru two-tone alloy wheel.

Toyota Rush GR Sport (ANTARA/HO/Toyota Astra Motor)


Kabin

Peningkatan versi terbaru dari Rush GR Sport terasa ketika masuk ke dalam kabin.

Meski beberapa panel masih menggunakan material keras, sejumlah panel termasuk stir telah dibalut kulit dengan jahitan asli, ditambah emblem logo GR yang tersemat pada stir dan headrest jok serba hitam.

Sentuhan lembut pada armrest bagian pintu berbahan soft pad hitam, memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

Kesan mewah juga terpancar dari AC digital, dan head unit besar berukuran 9 inci yang terkesan floating dengan opening GR logo memperkuat kesan sebuah kendaraan yang fun to drive.

Sejenak beralih ke bagian kemudi, terdapat teknologi New Progressive Combination Meter dengan desain modern. Teknologi ini dapat memberikan berbagai informasi penting saat berada di perjalanan.

Toyota Rush GR Sport (ANTARA/HO/Toyota Astra Motor)

Fitur

Saat ini, solusi mobilitas baru harus dapat beradaptasi pada berbagai kondisi jalan, dan memenuhi kebutuhan pengendara yang semakin berpacu pada teknologi. Hal ini yang juga disadari Toyota pada improvement Rush.

Baca juga: Penggantian komponen ECU Airbag Toyota Rush hanya 30 menit

Meskipun merupakan kendaraan entry level, Rush GR Sport telah dilengkapi fitur Apple CarPlay dan Android Auto, sehingga memudahkan pengguna saat berkendara, mulai dari memutar musik streaming, menggunakan telepon, hingga melihat peta.

Head unitnya juga dapat digunakan untuk mengecek saldo pada kartu elektronik, dan dapat mengingatkan pengemudi soal tanggal ganjil dan genap.

Interior Toyota Rush GR Sport (ANTARA/HO/Toyota Astra Motor)In


Selain itu, penambahan fitur Idling Stop System di mesin 2NR-VE Dual VVT-i miliknya membuat Toyota Rush GR Sport jadi makin irit soal konsumsi bahan bakar, sebab mesin dapat mati secara otomatis ketika dalam kondisi berhenti beberapa waktu.

Untuk rute dalam kota, yang tadinya mencatatkan angka sekitar 12,1 km/l, kini menjadi lebih irit di kisaran 13,8 km/l ketika kami menjajalnya.

SUV Andal

Hal yang selalu menjadi andalan dari SUV ini adalah daya angkutnya yang mampu mengakomodasi hingga tujuh orang penumpang. Sebuah kepraktisan yang dibutuhkan keluarga di Tanah Air.

Meskipun memiliki tiga baris bangku, kemampuan untuk membawa barang masih memadai dengan ruang penyimpanan yang lebih dari cukup di area kabin dan bagasi belakang.

Dengan arsitektur khas SUV, Rush memiliki fleksibilitas dan durabilitas pada berbagai kondisi jalan.

Tak heran, Rush mendominasi whole sales Medium SUV di tahun 2023 lalu dengan raihan penjualan sebesar 39.340 unit atau 22,83 persen dari market share nasional.

Baca juga: Intip harga Toyota setelah insentif PPnBM, Vios turun sampai Rp65 juta

All-rounder yang telah mapan dan memiliki reputasi kuat di mata pelanggan ini, memiliki keunggulan terkait keandalan dan ketangguhan di berbagai medan jalan dan fungsionalitas tinggi sebuah SUV 7-seater.

Dengan tetap menghadirkannya sebagai SUV keluarga, penyegaran di awal tahun 2024 ini dapat meningkatkan daya tariknya di hadapan calon konsumen sekaligus memberikan nilai tambahan kepada pelanggan setia.

Toyota Rush GR Sport (ANTARA/HO/Toyota Astra Motor)


Harga dan purna jual

Sama dengan generasi sebelumnya, New Rush memiliki empat pilihan model dengan harga sebagai berikut:

- New Rush 1.5 G MT Rp. 284.400.000

- New Rush 1.5 G AT Rp. 295.200.000

- New Rush 1.5 GR Sport MT Rp. 299.750.000

- New Rush 1.5 GR Sport AT Rp. 310.450.000

*Harga OTR DKI Jakarta

Sebagai bagian dari upaya Toyota dalam mewujudkan mobilitas yang inklusif, tersedia Toyota Customization Option (TCO) khusus untuk New Rush GR Sport dan New Rush tipe G yang mencakup beberapa jenis aksesoris dengan jaminan kualitas produk standar Toyota.

Seluruh aksesoris TCO dapat dipesan di outlet terdekat dan akan langsung dipasang saat pembelian New Rush dengan garansi 3 tahun atau 100.000 km, jika dipesan bersamaan dengan pembelian mobil baru.

Untuk memberikan kemudahan servis berkala pemilik seluruh tipe New Rush, Toyota menyediakan program T-CARE yakni bebas biaya jasa (free labor) dan biaya suku cadang (free parts) sampai dengan servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 km).

Selain itu, Toyota juga memperpanjang garansi 1 tahun / 20.000 km, dengan catatan pelanggan rutin servis berkala di bengkel resmi Toyota.

Baca juga: ToyotaRush GR Sport baru hadir dengan sentuhan hitam yang sporty

Baca juga: Penjualan mobil Toyota terus tumbuh di 2022

Baca juga: Toyota Astra perluas program cicilan ringan ke Rush-Vios mulai Oktober

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024