Jakarta (ANTARA) - Hyundai tengah menghadapi gugatan class action di New York, Amerika Serikat, atas dugaan kerusakan cat pada model Genesis,

Sejumlah pemilik Hyundai Genesis di New York melaporkan bahwa lapisan bening dan cat pada mobil mereka teroksidasi, melemah, dan terkelupas sebelum waktunya, seperti disiarkan Carscoops, Sabtu (1/6).

Masalah cat biasanya muncul dua atau tiga tahun setelah tanggal produksi model. Oksidasi dini menyebabkan cat memudar, berubah warna, dan mengelupas.

Sementara pada model Hyundai Genesis berwarna krem dan putih, cat eksterior berubah menjadi berwarna kuning atau oranye.

Baca juga: Hyundai kenalkan dua kendaraan konsep Genesis di New York

Gugatan tersebut menyatakan bahwa perkiraan perbaikan kerusakan berkisar antara Rp3,2 juta hingga Rp29 juta, bergantung pada tingkat keparahannya, dengan beberapa pemilik memilih untuk menanggungnya untuk menghindari biaya. Gugatan juga mengklaim bahwa mereka yang melaporkan masalah tersebut ke Hyundai “diabaikan” sehingga memaksa mereka untuk mengatasi sendiri kerusakan tersebut dan menuding Hyundai tidak mengambil tanggung jawab apa pun.

Mengenai kendaraan yang terkena dampak, gugatan tersebut mengutip Sedan Hyundai Genesis 3.8 generasi pertama 2013 sebagai contoh. Model itu dijual di AS pada 2008 hingga 2016, ketika generasi keduanya berganti nama menjadi Genesis G80.

Hyundai juga menjual Genesis Coupe untuk model tahun 2010-2016, meskipun tidak jelas apakah model ini memiliki cacat serupa pada lapisan bening/catnya.

Pemilik percaya bahwa masalah itu “jelas dapat dicegah” karena model dari produsen mobil lain tidak mengalami masalah serupa. Seperti dilansir Top Class Actions, mereka sekarang menuntut ganti rugi berupa biaya dan pengeluaran, ditambah biaya pengacara dan biaya pengadilan.

Gugatan class action yang diajukan penggugat Gaetano Russo terhadap Hyundai Motor America berbentuk gugatan penipuan terhadap properti pribadi. Diajukan pada 15 Maret 2024, kasus itu sedang menunggu keputusan di Pengadilan Distrik AS dan Pengadilan Distrik Timur New York.

Baca juga: Dua model Genesis G80 raih penghargaan keselamatan AS

Baca juga: Siasat mencegah kerusakan cat pada mobil kesayangan

Baca juga: Tips perawatan mobil agar tak kusam saat musim pancaroba

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024