Jakarta (ANTARA) - Sebuah Tesla Cybertruck memberi tenaga listrik ke seluruh pom bensin sehingga para pengemudi yang memiliki mobil dengan mesin pembakaran internal dapat mengisi bahan bakarnya setelah tornado menyebabkan gangguan listrik di Houston, Texas baru-baru ini.

Truk listrik dari perusahaan milik Elon Musk ini terlihat menyalakan pompa bensin di Houston, Texas, setelah badai petir yang parah menyebabkan lebih dari satu juta penduduk tidak memiliki listrik dan membawa kehancuran di daerah tersebut.

Dari semua rumah, toko, dan perusahaan yang tidak memiliki listrik, pom bensin tersebut masih dapat beroperasi. Itu semua berkat Tesla Cybertruck, yang menjadi “powerbank” terhubung ke dinding listrik di fasilitas tersebut, lapor Autoevolution, Minggu (19/5).

Baca juga: Tesla Cybertruck dikabarkan pakai pengisian daya nirkabel

Sebuah video aksi Cybertruck di pom tersebut beredar di media sosial. Banyak dari mereka yang menonton video tersebut merasa skeptis dengan kemampuan Cybertruck untuk menyalakan seluruh pom bensin.

Sebagian besar dari mereka mengira bahwa itu hanyalah aksi publisitas. Namun, Tesla tidak memiliki hubungan dengan rekaman tersebut.

Dan, tentu saja, ada pengguna yang mempertanyakan kemampuan truk pikap untuk mendistribusikan energi dalam waktu yang lama, dan menyatakan bahwa truk ini akan kehabisan tenaga hanya dalam beberapa menit.

Baca juga: Tesla Cybertruck diklaim miliki kapasitas derek 5.000 kg

Tetapi ada juga orang yang bersorak untuk Cybertruck dan memberi selamat kepada pemiliknya karena menawarkan dukungan kepada warga Texas pada saat dibutuhkan.

Tesla Cybertruck dilengkapi dengan PowerShare. Ini adalah fitur yang memasok daya hingga 20A saat bepergian melalui dua stopkontak 120V dan hingga 40A dari stopkontak 240V. Ketiganya terletak di bak ruang kargo dan dapat menyediakan hingga 9,6 kW.

Cybertruck juga dapat menawarkan daya cadangan untuk rumah tangga dengan daya 11,5 kWh hingga 11,5 kW hingga tiga hari jika konsumsi energi tidak melebihi 30 kWh per hari.

Baca juga: Detail Tesla Cybertruck produksi baru telah dikonfirmasi

Pemilik Cybertruck yang ditampilkan dalam video tersebut mengklaim bahwa kendaraan ini mampu memberikan daya ke seluruh rumahnya, termasuk pendingin ruangan di setiap ruangan.

Dan bukan hanya Cybertruck yang menawarkan bantuan kepada penduduk Houston yang terkena dampak badai. Beberapa hari yang lalu, CEO Ford membagikan ulang sebuah cuitan di X tentang sebuah keluarga muda yang menerima bantuan tenaga listrik dari Ford F-150 Lightning.

Truk pickup listrik tersebut memberi daya pada seluruh rumah mereka setelah badai yang melanda Houston.

“Keluarga muda saya bisa mencoba tidur nyenyak malam ini. [Ford F-150 Lightning] bahkan bisa menyalakan microwave,” tulis Michael Kaler di X.

Baca juga: Simak 8 fitur menarik mobil listrik Tesla Cybertruck

Baca juga: Tesla Cybertruck mogok usai diboyong dari diler sejauh 56 km

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024