Bekasi (ANTARA) - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memberangkatkan 64 keluarga pengemudi truk dan bus mudik gratis untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 2024, dari Isuzu Training Center, Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, Jumat.

Pada mudik gratis yang merupakan program #DitemaniYangSejalan itu, Isuzu memberangkatkan total 200 orang menggunakan 10 armada yang terdiri atas lima bus medium Isuzu Elf NQR B, dan lima unit microbus Isuzu Elf NLR.

“Sebuah kebanggaan bagi kami bisa mengantarkan para pengemudi beserta keluarganya ke kampung halaman dengan rasa aman, nyaman, serta menyenangkan selama perjalanan. Kami harap program ini bisa terlaksana dengan baik sehingga selanjutnya bisa mengantarkan lebih banyak pengemudi truk dan bus lainnya ke kampung halaman,” ujar Presiden Direktur PT IAMI Yusak Kristian. 

Adapun tujuan mudik paling ramai adalah daerah Jawa Tengah, seperti Yogyakarta, Solo dan beberapa wilayah lainnya, disusul daerah Jawa Timur yakni Malang dan Surabaya.

Baca juga: Isuzu sediakan fasilitas mudik gratis bagi 50 keluarga pengemudi

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memberangkatkan para peserta mudik gratis #DitemaniYangSejalan dari Isuzu Training Center, Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024) (ANTARA/Pamela Sakina)

Baca juga: Pupuk Indonesia Grup dukung program "Mudik Asyik Bersama BUMN 2024"

Yusak menyebut, Isuzu Elf NQR B dipilih sebagai salah satu kendaraan untuk program mudik gratis tersebut, sebab memiliki ukuran panjang total hingga 7,4 meter yang bisa menampung banyak penumpang hingga 33 orang.

Mesin Common Rail 4HL-TCS dengan tenaga 150 PS dari microbus itu juga diklaim irit bahan bakar, andal, dan tangguh di segala medan.

Isuzu Elf NQR B juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap dan nyaman karena dilengkapi power steering, hydraulic brake booster, suspensi yang cukup nyaman untuk penumpang serta memiliki wheelbase terpanjang di kelasnya dan stabilizer depan dan belakang sehingga kendaraan lebih stabil ketika melaju.

Selain itu, microbus Isuzu ELF NLR B berkapasitas hingga 19 penumpang (untuk tipe Long) telah menggunakan teknologi mesin Common Rail 4JJ1-TCC yang dilengkapi Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Oxidation Catalyst (DOC) dan transmisi baru dengan 6 tingkat percepatan sehingga mampu menghasilkan emisi gas buang berstandar Euro4 serta memaksimalkan efisiensi bahan bakar. 

Dilengkapi dengan fitur-fitur fungsional untuk menambah kenyamanan penumpang seperti interior dan jarak pandang yang luas, Cabin Lock Warning Buzzer, slot USB charger, serta fitur keamanan seperti kamera mundur dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) untuk memaksimalkan keamanan pada kondisi genting seperti kebakaran. 

Perjalanan pun semakin menyenangkan karena bus sudah dilengkapi dengan sejumlah hiburan seperti musik dan radio, serta AC yang memastikan kabin tetap sejuk. 

Baca juga: PPLP Tanjung Uban selenggarakan mudik gratis naik kapal negara

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memberangkatkan para peserta mudik gratis #DitemaniYangSejalan dari Isuzu Training Center, Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024) (ANTARA/Pamela Sakina)

“Yang penting adalah kami bisa memberikan apresiasi kepada rekan-rekan pengemudi yang setiap hari bekerja keras di jalan, hari ini di momen lebaran kita bisa memberikan apresiasi dengan memberikan sesuatu yang mudah-mudahan membawa dan berdampak kebahagiaan bersama keluarga,” kata Yusak. 

Selain fasilitas mudik gratis, para pengemudi terpilih telah menikmati rangkaian kegiatan bersama keluarga sebelum berangkat seperti potong rambut gratis, pijat gratis, sesi foto keluarga yang hasilnya bisa langsung dibawa pulang, playground bagi anak-anak hingga permainan seru berhadiah seperti THR total hingga Rp50 juta, sembako, serta berbagai cenderamata menarik. 

Baca juga: Wamenaker imbau perusahaan terus fasilitasi mudik gratis untuk pekerja

Baca juga: Taspen berangkatkan 720 peserta mudik gratis pakai 18 bus

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024