Jakarta (ANTARA) - Jenama mobil listrik Zeekr dari China bakal masuk ke pasar Australia pada akhir tahun 2024 menurut laporan Drive pada Rabu.

Zeekr adalah jenama baru dari Geely, raksasa mobil China yang memiliki Volvo, spin-off mobil listrik Polestar, spesialis mobil sport Inggris Lotus, dan beberapa merek lain.

Menurut laporan Drive, ada dua model mobil listrik Zeekr yang akan diluncurkan di Australia pada paruh kedua tahun 2024, yakni mobil elektrik penumpang Zeekr 009 dan SUV kecil elektrik Zeekr X.

Mobil penumpang Zeekr 009 menjanjikan jarak tempuh hingga 800 km. Sedangkan SUV kecil Zeekr X disebut mirip dengan Volvo XC40 atau BMW iX1.

Harga kendaraan elektrik Zeekr yang akan masuk ke pasar Australia belum diumumkan. Demikian pula dengan detail peluncuran kendaraan, termasuk bagaimana kendaraan itu akan dijual di Australia.

Baca juga: Zeekr kenalkan MPV 009 terbaru

Zeekr 009. (ANTARA/Zeekr)

Zeekr mulai menjual mobil di China pada 2021 dengan hatchback besar Zeekr 001 dan kemudian memperluas jangkauan pasarnya ke Eropa, Asia Tenggara, serta Australia segera.

Kedua model Zeekr yang ditujukan untuk pasar Australia memiliki kesamaan dasar dengan SUV listrik Volvo EX30, yakni memiliki platform mobil listrik rancangan Geely yang dikenal sebagai Sustainable Experience Architecture (SEA).

Zeekr 009 adalah kendaraan listrik yang bahkan lebih besar daripada Kia Carnival berbahan bakar bensin atau diesel, memiliki enam kursi berbalut kulit nappa, jarak tempuh hingga 822 km, dan layar hiburan berukuran 15 inci.

Di China, mobil ini ditawarkan dengan paket baterai 116kWh dan 140kWh, yang masing-masing mampu menempuh jarak hingga 702 km dan 822 km.

Keduanya punya motor listrik ganda dan penggerak semua roda (All Wheel Drive/AWD) dengan keluaran 405kW dan 686Nm, lebih besar dari semua kendaraan Tesla yang dijual di Australia.

Kekuatan tersebut membuat mobil yang berbobot 2,8 ton mampu melesat dari kecepatan nol ke 100 km/jam dalam waktu 4,5 detik.

Baca juga: Zeekr luncurkan SUV Zeekr X untuk jangkau pasar Eropa

Interior Zeekr 009. (ANTARA/Zeekr)

Sementara itu, Zeekr X memiliki panjang 4.450 mm dan lebar 1.836 mm, mirip dengan Volvo XC40 Recharge atau BYD Atto 3, serta memiliki lima kursi.

Mobil ini ditenagai baterai 66kWh yang dipasangkan dengan motor listrik tunggal 200kW/343Nm di bagian belakang, atau motor listrik ganda (satu di depan dan satu di belakang) yang menghasilkan 315kW dan 543Nm jika digabungkan.​​​​​​​

Zeekr mengklaim jangkauan kendara mobil itu mencapai 500-560 km dalam pengujian di China atau 425-445 km menurut pengujian jarak tempuh WLTP Eropa.​​​​​​​

Selain itu, Zeeker X diklaim mampu melesat dari kecepatan 0 ke 100 km/jam dalam waktu 5,6 detik untuk penggerak roda belakang atau 3,8 detik untuk varian AWD.

Produsen mobil China telah mulai membangun kehadirannya di Australia dengan merekrut eksekutif papan atas, termasuk kepala pemasaran Andrew Haurissa, yang membantu membangun kembali merek mobil China lainnya, Chery, secara lokal tahun lalu.

Baca juga: Zeekr luncurkan sedan listrik pertamanya di China
Baca juga: Zeekr bidik pasar Eropa lewat MPV listrik

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024