Jakarta (ANTARA News) - Tata Magic Iris tampil di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 sebagai kendaraan angkut barang dengan mesin diesel 610cc.

Merek asal India, Tata, dalam keterangan di gerai mereka, menyebut kendaraan tersebut ditujukan bagi pengguna angkutan barang yang ingin beralih dari sepeda motor roda tiga.

"Banyak yang tertarik dan ingin beli tapi kami belum pasarkan. Tujuan kami memperkenalkan, Tata punya berbagai kendaraan penumpang dan angkut barang," kata CEO Tata Motors Indonesia, Biswadev Singupta.

Tata Magic Iris punya daya angkut 600kg dengan mesin yang menghasilkan 11 tenaga kuda dan torsi 31 Nm.

Semua bodinya terbuat dari baja termasuk bagian depan. Mesin diesel 610cc silinder tunggal dengan pendingin air terletak di antara dua roda belakang, langsung ke poros engkol penggerak roda belakangnya.

Ini yang menjadi suatu hal baru dari sisi rancang bangun struktur dan performansi kendaraan dari Tata Motors.

Transmisi empat percepatan dan satu mundur sedangkan suspensi depan sistem McPherson strut dengan anti-roll bar.

Minibus ini menggunakan terpal  untuk menggantikan kaca pada pintu belakang. Akses bagasi belakang juga berupa terpal demi mengurangi bobot kendaraan.

Iris versi pick up bernama Tata Ace Zip.

Biswadev menegaskan semua produk Tata sebelum dijual di Indonesia harus menjalani serangkaian tes di negeri ini agar memastikan kendaraan itu cocok dengan kondisi Indonesia.

"Harganya belum kami tentukan, masih dalam pengkajian termasuk cocok tidaknya dengan pasar Indonesia," kata Biswadev.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013