Jakarta (ANTARA News) - Para pecinta otomotif tentunya ingin kendaraan miliknya selalu terlihat bersih dan mengkilap, termasuk aksesoris di dalamnya.

Salah satu aksesoris yang membuat kendaraan makin menawan adalah jok kulit. Merawat jok kulit, baik itu kulit asli maupun kulit sintetis, tentunya tidak bisa sembarangan.

Ada sebagian orang yang memilih pembersih khusus jok kulit untuk merawat jok kendaraannya. Sisanya membersihkan dengan pembersih lain yang bisa dicari di dalam rumah. 

Sedari awal, pastikan jok Anda selalu bersih. Maksudnya, bila ada kotoran yang tumpah atau tercecer di atas jok kulit sintetis, segera bersihkan, jangan didiamkan begitu saja. Bila tidak segera dibersihkan, noda akan mengendap lama dan semakin sulit dihilangkan. 

Mengelap jok kulit merupakan cara paling mudah. Bila ada noda membandel, Anda dapat mengelap jok dengan lap dan air sabun agar kotorannya lenyap. Tapi jangan pakai asal sabun. 

"Sabun tangan atau sabun mandi boleh. Tapi jangan pakai sabun cuci yang mengandung bahan kimia untuk membersihkan jok kulit. Dikhawatirkan bisa merusak, " kata Ardiansyah dari penyedia jok kulit sintetis PT. Agung Poly Nugraha ditemui di ajang Indonesia International Motor Show 2013.

Minyak kayu putih boleh-boleh saja digunakan untuk menghilangkan noda yang sulit dibersihkan, asal setelahnya Anda harus segera membersihkan sisa minyak itu agar aromanya tidak menempel.

Selain itu, pergunakanlah sikat gigi untuk membersihkan debu dan kotoran di dalam celah sempit yang sulit dijangkau lap.
Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013