Jakarta (ANTARA) - PT Chery Sales Indonesia (CSI) baru saja meluncurkan mobil listrik pertamanya Omoda E5 di Jakarta, Senin (5/2) malam, dan mengungkap perusahaan akan memberikan garansi seumur hidup khusus seribu pembeli pertama.
 

Selain garansi seumur hidup (lifetime warranty) yang berlaku untuk mesin listrik dan baterai, seribu pembeli pertama juga akan mendapat tambahan asuransi selama satu tahun.
 

Belum dijelaskan mengenai asuransi satu tahun tersebut, namun, Chery umumnya memberikan garansi satu tahun berjenis tanggungan semua risiko (all risk), pada pembelian tunai di produk-produk non-listriknya.
 

Chery juga memberikan garansi baterai hingga delapan tahun atau 180 ribu kilometer (km), garansi kendaraan selama enam tahun atau 160 ribu km, dan gratis biaya jasa dan suku cadang (spare part) selama lima tahun atau 75 ribu km.

Baca juga: Chery bakal memakai nikel untuk baterai mobil listrik selanjutnya
 

“Ketika pengguna menjual mobilnya ke orang lain (tangan kedua), maka garansi seumur hidup akan hangus, jadi garansi ini hanya untuk pemilik pertama, termasuk garansi delapan tahun tersebut, namun, pemilik kedua masih berhak mendapatkan garansi delapan tahun, menurut saya itu waktu yang cukup lama dan cukup aman,” ujar Assistant President Director PT CSI Zeng Shuo.
 

Pada kesempatan yang sama, Executive Vice President Director PT CSI, Qu Jizong menjelaskan bahwa bila dalam kurun waktu delapan tahun tersebut kapasitas baterai Omoda E5 menurun hingga 30 persen, pihak Chery akan menawarkan untuk memperbaikinya.
 

Omoda E5 dibanderol Rp498,8 juta (on the road Jakarta). Harga tersebut sudah termasuk fasilitas tambahan V2L Charger, AC Charger 7kW, dan portable charger. Namun, bagi seribu pembeli pertama, Chery akan memberikan harga istimewa, yakni Rp488,8 juta (on the road Jakarta).
 

Indonesia merupakan negara pertama yang meluncurkan Omoda E5 di dunia. Mobil compact SUV tersebut dibekali dengan baterai berkapasitas 61 kWh, dan memiliki jarak tempuh 430 km, menurut metode standar WLTC (Worldwide harmonized Light Vehicles Test Procedure).

Sementara bila diukur menggunakan standar NEDC (New European Driving Cycle) Omoda E5 mampu menempuh jarak hingga 505 km.

Baca juga: Harga Chery Omoda E5 sama dengan Omoda 5 GT, ini kata Chery
 

Baterai Omoda E5 diklaim tahan tusukan benda tajam dan lebih stabil saat berada di tengah suhu panas, hal ini berkat amunisi baterai kendaraan yang menggunakan Lithium Ferro Phosphate (LFP) berteknologi Blade Battery.
 

Jika terkena guncangan, tekanan berat, atau dilempar dari ketinggian, baterai LFP tidak berpotensi meledak atau terbakar, seperti baterai berbasis nikel (nickel manganese cobalt/NMC).
 

Omoda E5 juga diklaim telah lulus dari beberapa uji keamanan baterai seperti extrusion test (uji ekstrusi), puncture test (uji tusukan), scraping test (uji gesekan bawah), hingga wading test (uji mengarungi air).
 

“Target pelanggan kami adalah mereka yang berhati-hati dan pengadopsi awal dalam lingkaran sosial mereka, fokus pada teknologi dan konsep baru, fokus pada sikap dan nilai-nilai merek, memiliki selera mode yang tinggi dan mengutamakan kualitas dalam pikiran mereka,” imbuh Qu Jizong.

Baca juga: Omoda E5 resmi meluncur, harga mulai Rp488 juta
 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024