Jakarta (ANTARA) - Mobil sedan listrik Lucid Air yang diproduksi Lucid Motors siap memperkuat armada kendaraan patroli Kepolisian Kerajaan Arab Saudi.

Unggahan pada akun media sosial X Saudi Project baru-baru ini menampilkan foto sedan Lucid Air yang telah dihiasi dengan tulisan "POLICE" dan "911" pada bagian depan mobil. Kemudian, akun X Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi juga mengunggah video yang menampilkan mobil listrik berwarna hitam putih tersebut.

Carscoops pada Senin waktu setempat mengabarkan, kendaraan patroli polisi dari Lucid pertama kali dipamerkan pada Minggu (4/2) di ajang World Defense Show yang digelar di Riyadh, ibukota Arab Saudi.

Baca juga: Mobil listrik Lucid disewakan untuk pertama kalinya di Arab Saudi

Baca juga: Lucid naikan harga mobil listriknya dan berupaya perbaiki produksi


Sedan Lucid Air Kepolisian Kerajaan Arab Saudi memiliki tampilan berwarna hitam dan putih khas mobil polisi. Kendaraan listrik itu juga memiliki perlengkapan tambahan di bagian atap yang merupakan tempat penyimpanan drone pengintai. Dengan menekan sebuah tombol, penutupnya akan terbuka yang memungkinkan drone itu untuk diluncurkan.

Kabar diadopsinya Lucid Air oleh Kepolisian Kerajaan Arab Saudi itu bukan hal mengejutkan, mengingat bahwa Dana Investasi Publik Arab Saudi (PIF) memegang 60 persen saham Lucid Motors.

Pemerintah Arab Saudi telah menandatangani perjanjian dengan Lucid Motors untuk membeli 100.000 mobil listrik (EV) selama dekade berikutnya, di mana PIF telah menginvestasikan 10 miliar dolar AS untuk produsen mobil asal Amerika Serikat itu.

Baca juga: Lucid naikan harga mobil listriknya dan berupaya perbaiki produksi

Lucid Motors, yang memiliki satu-satunya pabrik EV di Arab Saudi, diprediksi akan memainkan peran penting dalam transisi Arab Saudi dari mobil bahan bakar fosil ke mobil bertenaga baterai.

Untuk saat ini, pabrik Lucid di Arab Saudi terbatas untuk perakitan kendaraan dengan komponen yang masih didatangkan dari pabrik di Arizona, Amerika Serikat.

Baca juga: Mobil listrik Lucid disewakan untuk pertama kalinya di Arab Saudi

Baca juga: Sedan Air 2024 milik Lucid Motors hadir dengan harga terjangkau

 
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024