Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, produsen otomotif asal Jerman, Volkswagen AG siap untuk berinvestasi dan membangun pabrik di kawasan Cikampek, Jawa Barat.

"Mereka akan menempatkan basis pabrik VW di kita, dengan investasi yang besar," katanya seusai menerima kunjungan perwakilan Volkswagen AG Christian Kringler di Jakarta, Kamis.

Hatta mengatakan, Volkswagen AG akan membangun investasi di lahan seluas 60 hektar dan pabrik perusahaan Jerman tersebut akan menjadi yang terbesar kedua di kawasan Asia setelah China.

"Mereka melihat pasar kita cukup baik dan kondisi Indonesia lebih `confidence` dibandingkan yang lain," ujarnya.

Menurut rencana, pembangunan kawasan pabrik perakitan otomotif senilai 200 juta euro ini akan dimulai 2014 serta diperkirakan selesai pada 2017.

Hatta belum mengungkapkan lebih rinci terkait kemungkinan pemberian insentif kepada Volkswagen AG untuk mempermudah kelancaran pembangunan pabrik tersebut.

"Kita punya `tax allowance` untuk ditawarkan nanti. Dalam waktu dekat ini akan dibicarakan," katanya.

Hatta juga menambahkan, Volkswagen AG tidak memiliki keraguan untuk berinvestasi di Indonesia, meskipun saat ini sedang terjadi gejolak perekonomian nasional.

"Mereka mengatakan bahwa kondisi saat ini bukan menyangkut fundamental kita yang buruk," ujarnya. (S034/Z002)
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013