Jakarta (ANTARA) -
Pabrikan otomotif asal Vietnam, VinFast pada ajang CES 2024 memamerkan kendaraan pikap berbasis elektrik mereka yang disebut sebagai VF Wild.
 
Pengembangan produk ini bekerjasama dengan Australia Gomotiv, konsep VF Wild sendiri mencakup pintu belakang berengsel terbalik, kursi baris kedua yang dapat dilipat rata dan roda kemudi persegi panjang yang unik, meskipun masih harus dilihat apakah fitur-fitur ini akan masuk ke versi produksi.

Baca juga: Vinfast bisa dipastikan bergabung dengan Gaikindo
 
Yang paling menonjol dari kendaraan ini ialah desain midgate-nya yang memungkinkan tempat tidur dapat terbuka hingga ke dalam kabin, sehingga menciptakan ruang kargo tambahan. Meskipun spesifikasi mengenai powertrainnya masih dalam kantung perusahaan, banyak pengunjung yang berspekulasi bahwa mesin tersebut akan menggunakan pengaturan motor ganda untuk penggerak semua roda dengan jangkauan setidaknya mencapai 402 km .
 
Jika memang VinFast ingin membawa kendaraan tersebut ke jalan-jalan di Amerika, VF Wild harus siap bersaing dengan pemain mapan seperti Rivian R1T dan Fisker Alaska, yang juga memiliki desain midgate serupa sehingga VinFast perlu menghadirkan keunggulan yang lebih kompetitif untuk bisa bersaing di negara itu.
 
Pickup listrik yang lebih besar seperti Ford F-150 Lightning , Chevrolet Silverado EV, dan tentu saja Tesla Cybertruck kemungkinan besar akan jauh lebih mahal daripada VF Wild, sehingga VinFast menargetkan pembeli yang mencari nilai dan kepraktisan dalam truk listrik ukuran sedang.
 
Meskipun terdapat kritik atas kualitas pembuatan, penyempurnaan, dan dinamika berkendara, VinFast telah memperluas penjualan globalnya. Bahkan, perusahaan rintisan itu telah mempertimbangkan untuk masuk ke pasar kemudi kanan seperti India dan Indonesia.

Baca juga: IIMS 2024 jadi tonggak baru perjalanan VinFast di Indonesia

Baca juga: VinFast ingin jadikan Indonesia basis produksi mobil setir kanan
 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024