Jakarta (ANTARA) -
Amerika Serikat (AS) memberikan kebebasan terhadap lima kendaraan yang sudah berusia lebih dari 25 tahun atau yang diproduksi di tahun 1999 untuk diniagakan di negara tersebut pada 2024.

Mobil-mobil tersebut sudah secara resmi bebas dijualbelikan, kecuali kendaraan berusia 25 tahun yang tidak lolos dalam homologasi atau tidak memiliki sertifikasi dan tidak disertai dengan asuransi yang sah menurut federasi negara itu seperti yang dikabarkan oleh CarsCoops pada Senin (8/1) waktu setempat.

1. Tuscan 6 kecepatan

Produsen otomotif asal Inggris yang melahirkan Tuscan enam kecepatan itu berhasil lolos dalam berbagai hal untuk meniagakan kendaraan "tua" mereka di pasar otomotif Amerika Serikat pada tahun ini.

Tuscan enam kecepatan ini hadir dengan mesin enam silinder segaris berkekuatan 350 hp (261 kW) di bawah kap dua rangkap dan semua tenaganya itu disalurkan langsung ke roda belakang.

Memiliki kendaraan ini bukan tergolong mudah, meski akan menjadi daya tarik tersendiri ketika mengendarai kendaraan berdesain coupe itu. Di AS, setidaknya sudah terdapat dua kendaraan yang salah satunya terdapat di Las Vegas.

Baca juga: Kata pecinta mobil tua soal pembatasan usia mobil di DKI

2. Mitsubishi Lancer Evo VI

Pasar AS baru mendapatkan Lancer Evolution pada tahun 2003 dan saat itu sudah memasuki generasi kedelapan. Itu berarti tujuh lainnya datang dan pergi tanpa tersedia di Amerika dan pada tahun 2024 generasi keenam menjadi legal untuk diimpor ke Amerika.

Seperti banyak mobil JDM lainnya, mobil ini memiliki rating tenaga kuda sebesar 276 (205 kW) namun angka sebenarnya mungkin lebih tinggi. Seiring dengan berjalannya impor praktis, Lancer EVO VI berada di urutan teratas berkat lima kursi fungsional dan powertrain yang cukup andal.

3. Audi A2

Kepraktisan sebenarnya dimiliki oleh Audi A2 yang funky. Mobil berbentuk balon ini diluncurkan pada akhir tahun 1999 sebagai model tahun 2000.

Kendaraan ini memanfaatkan aluminium untuk mengurangi bobot keseluruhan dan apa yang dipelajari Audi dengan membuatnya diterapkan pada mobil masa depan seperti A8 dan TT.

Meskipun hadir tanpa sistem Quattro AWD Audi yang terkenal, ia tetap menonjol berkat gaya, kepraktisan, dan kualitas pembuatannya.

Baca juga: Pembeli mobil impor di Korsel didominasi kalangan tua

4. Nissan Silvia (S15)

S14, di AS sebagai 240SX. Ketika perusahaan tersebut mengakhiri produksinya di AS pada tahun 1998, perusahaan itu melanjutkannya di Jepang dengan nama Silvia.

Ini merupakan peningkatan dari mobil sebelumnya dalam segala hal, tetapi mungkin yang paling penting dalam hal gaya. S15 Silvia tersedia dengan mesin empat silinder 2.0 liter yang disedot secara alami atau mesin empat silinder 2.0 liter turbocharged. Tenaga maksimalnya adalah sekitar 250 hp (186 kW) dan memanfaatkan penggerak roda belakang.

5. Nissan Skyline GT-R (R34)

Mobil tunggal ini telah menjadi sumber dari begitu banyak keinginan dan banyak upaya yang agak teduh (beberapa berhasil) untuk membawanya ke AS sebelum tahun 2024. Ini bersejarah karena sejumlah alasan termasuk gayanya, mesin enam silinder segaris twin-turbocharged, dan mesinnya.

Hingga saat ini, produk-produk tersebut telah mencapai lebih dari enam sehingga akan menarik untuk melihat bagaimana harga berfluktuasi sekarang karena siapa pun dapat mengimpornya.

Baca juga: Ingin "touring" dengan VW? Ini tipsnya

Baca juga: 7 mobil lelang termahal tahun 2023
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024