Jakarta (ANTARA) - Menyambut masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Astra Infra mempersiapkan sejumlah infrastruktur untuk melayani para pengendara yang melintasi kawasan bebas hambatan milik perusahaan tersebut.

“Astra Infra telah melakukan persiapan infrastruktur dan layanan serta terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan Korlantas POLRI, untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan tol. Melalui Kampanye Nataru Ceria, kami ingin memberikan layanan liburan akhir tahun yang menyenangkan, aman dan nyaman,” kata Group CEO ASTRA Infra Firman Yosafat dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Astra Infra, yang memiliki delapan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), sudah cukup lama mempersiapkan musim libur Natal dan Tahun Baru, seperti yang disampaikan oleh Group COO Astra Infra Billy Perkasa Kadar.

“Untuk mendukung kesiapan prasarana infrastruktur konektivitas, Astra Infra telah melakukan pelebaran lajur ketiga di Tol Tangerang-Merak ruas Cikande – Serang Timur dari KM 51 hingga KM 72 dan Tol Cikopo – Palimanan dari KM 72 hingga KM 85,” ujar Billy.

Baca juga: Pengelola Tol Cipali antisisipasi lonjakan kendaraan pada libur Natal

Selain itu, untuk memberikan kenyamanan kepada para pengguna jalan tol, Astra Infra juga telah membenahi Rest Area KM 86, KM 101, KM 102, dan KM 130 arah Jakarta dan Cirebon, yang telah selesai pada November 2023.

Untuk kelancaran berkendara di jalan tol dan mengantisipasi lonjakan arus kendaraan, Astra Infra telah mempersiapkan fasilitas Gardu Transaksi Tendem, Mobile Reader, Struk Digital dan sarana pendukung serta petugas yang siap membantu transaksi di gerbang.

Astra Infra juga bekerjasama dengan kepolisian dalam mengatur manajemen rekayasa lalu lintas mengantisipasi kepadatan arus kendaraan terutama pada titik-titik rawan kemacetan di jalan tol.

Salah satu upaya untuk mengantisipasi kemungkinan kemacetan di lokasi pertemuan antara Jalan Tol Cisundawu dan Tol Cipali di KM 152, Astra Infra bekerjasama dengan kepolisian wilayah mendirikan posko pantau lalu lintas.

Untuk mendukung aspek keselamatan dan kenyamanan selama momen Natal dan Tahun Baru, Astra Infra telah menyiapkan lebih 1.300 satuan tugas yang didukung dengan layanan armada Patroli, Derek, Rescue dan Ambulans serta petugas Senkom yang selalu siaga 24 jam Sedangkan untuk kelengkapan fasilitasnya seperti Warning Light dan Closed-Circuit Television (CCTV) yang berada di jalan tol Astra Infra terdata berfungsi dengan baik.

Baca juga: Astra Infra pastikan kesiapan jalan tol hadapi libur Nataru 2023/2024

Baca juga: H-7 Natal, lalu lintas di gerbang tol Cikampek naik 23 persen

Baca juga: Polri siapkan rekayasa lalu lintas pada libur Natal-Tahun Baru 2024

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023