Jakarta (ANTARA) - Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan akan segera meluncurkan Toyota Rangga Concept pada awal 2024, dengan nama baru.

“Kita akan gunakan nama Hilux Rangga, ini akan kita luncurkan di awal 2024, tanggalnya nanti. Kita sudah hampir selesai jadi tunggu saja,” kata Anton ditemui di Jakarta baru-bari ini.

Penyematan nama Hilux bukan tanpa alasan, Anton mengatakan, calon kendaraan niaga itu merupakan mobil pikap yang masuk dalam seri keluarga Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) Toyota, seperti kakaknya Toyota Hilux. Bila Toyota Hilux telah sukses di pasar pikap 4x4, Hilux Rangga akan hadir memenuhi kebutuhan pasar pikap serbaguna yang lebih compact yakni 4x2.

Baca juga: Toyota Rangga Concept bakal diluncurkan awal 2024

Dengan diluncurkannya Hilux Rangga Concept, Anton menyebut langkah tersebut merupakan penanda bahwa Toyota berkomitmen untuk mengambil kembali pasar kendaraan niaga.

“Bahwa Toyota mengalih serius ke dunia komersial, kali ini kita punya Hi-Ace yang relatif sukses di dunia travel dan commuter, kemudian kita juga punya Hilux yang tahun ini kembali menjadi nomor satu di pikap 4x4. Sekarang kita akan masuk ke pikap 4x2,” ujar Anton.

Toyota saat ini tengah dalam persiapan menuju peluncuran Hilux Rangga, mulai dari persiapan diler, paket kredit, purna jual, spare part, hingga berbagai ketersediaan konversi kendaraan, mengingat mobil pikap modern ini dapat dikonversi menjadi apapun sesuai kebutuhan.

Hingga saat ini, Anton menyebut mobil pikap yang masih sedarah dengan Toyota Hilux tersebut telah memiliki 50 karoseri yang siap untuk mengkonversi Hilux Rangga di Indonesia.

Hilux Rangga pertama kali diperkenalkan sebagai Toyota Rangga Concept di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) edisi ke-30 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Agustus, sebagai jawaban atas meningkatnya kebutuhan mobilitas di sektor komersial.

Mobil yang dapat dikustomisasi menjadi beragam fungsi mulai dari keperluan niaga hingga gaya hidup itu juga sukses merebut perhatian pada ajang pameran otomotif terbesar Asia Japan Mobility Show 2023 di Tokyo, Jepang, akhir Oktober.

Baca juga: Mejeng di JMS 2023, Toyota Rangga dapat dikustomisasi jadi “apapun"

Baca juga: Nissan perkenalkan mobil konsep nan mewah masa depannya

Baca juga: Begini tampilan lima mobil konsep Daihatsu di Japan Mobility Show

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023