Jakarta (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden ingin membatasi pengaruh China di AS, dengan memberikan dorongan kepada produsen mobil domestik dan investasi dalam operasi baterai di Amerika Utara dengan membatasi ketersediaan kredit mobil listrik (EV) di tahun 2024.

Mulai tahun 2024, dengan pembatasan yang lebih serius pada tahun 2025, kredit tidak akan tersedia untuk kendaraan listrik yang baterai dan komponen baterainya dibuat di lokasi yang memiliki hubungan dengan negara-negara yang tidak diinginkan seperti China, Korea Utara, Rusia, dan Iran.

Ini adalah niat yang mulia untuk industri dalam negeri, namun hal ini menyebabkan kekacauan karena beberapa alasan. Pertama, produsen mobil AS, seperti produsen mobil di tempat lain di Barat, sebagian besar sangat bergantung pada teknologi baterai China sehingga mereka tidak bisa begitu saja beralih ke paket daya buatan sendiri. 

Baca juga: Inggris wajibkan rumah baru miliki pengisi daya mobil listrik

Merek-merek seperti Ford, GM, dan Hyundai semuanya berinvestasi di pabrik baterai di Amerika Utara, tetapi mungkin perlu waktu bertahun-tahun sebelum semuanya beroperasi.

Dan bukan hanya tempat baterai disusun yang penting, tetapi juga di mana mineral yang membentuk baterai itu ditemukan. Seperti yang ditunjukkan oleh New York Times, dilansir Carscoops, Jumat, ada banyak rencana untuk membuat baterai di AS, tetapi tidak banyak yang mencari sumber mineral di sana.

Ketentuan Undang-Undang Pengurangan Inflasi, yang menguraikan aturan tentang sumber baterai, juga gagal dengan banyak produsen mobil Barat berlokasi di luar AS yang mobil listriknya juga tidak lagi memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit karena mobil mereka tidak dibuat di Amerika Utara.

Baca juga: India rencanakan aturan baru untuk baterai EV

Jadi, pada hari Jumat ini, pemerintahan Biden diharapkan industri terkait untuk memperjelas peraturan dan menjabarkan rincian tentang berapa banyak konten asing yang akan diizinkan untuk ditampilkan oleh mobil listrik, namun tetap memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit pajak.

Ini adalah tali yang sangat ketat, dan rumornya, Biden akan melonggarkan aturan tentang sumber baterai untuk jangka waktu tertentu, sebuah langkah yang akan disambut dengan kelegaan oleh para pembuat mobil dan pendukung EV, tetapi cemas oleh mereka yang memusuhi China.

Baca juga: Pemerintah kejar aturan insentif pabrik EV rampung bulan depan

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023