Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan penjualan mobil segmen keluarga atau multi purpose vehicle (MPV), seperti Avanza dan Innova, naik 15 persen menjelang Ramadhan dan mudik Lebaran.

"Penjualan Innova dan Avanza biasanya naik 15 persen di saat mudik, itu berdasarkan surat pemesanan kendaraan (SPK) yang kami pantau," kata General Manager Corporate Planning and Public Relation TAM Widyawati di Jakarta, Senin.

Meski tidak menyebut angka pasti untuk peningkatan penjualan tahun ini, Widya mengatakan kenaikan tersebut rutin terjadi.

"Kebanyakan yang naik memang segmen mobil MPV atau mobil keluarga karena itu biasanya akan digunakan untuk mudik," jelasnya.

Sementara hasil pemantauan SPK itu, lanjutnya, dilakukan satu hingga dua bulan sebelum periode musim mudik (Ramadhan dan Lebaran).

Hingga pertengahan 2013, distributor resmi kendaraan pabrikan Jepang itu membukukan total penjualan 215.044 unit termasuk commercial car, compact car, passenger car, MPV, kendaraan dua ton, pick up, commercial van, sedan, SUV dan kendaraan 4x4 luxury (jenis Land Cruiser).

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013