Jakarta (ANTARA) - Dua produsen otomotif ternama di kelasnya, yakni Piaggio dan Zongshen melalui perusahaan patungan yang bernama Zongshen Piaggio Foshan Motorcycle Co. Ltd akan menghadirkan motor terbarunya GLR900.

Rideapart pada Jumat mengabarkan bahwa GLR900 diasumsikan memiliki banyak kemiripan dengan apa yang dimiliki oleh kendaraan streetfighter telanjang Shiver milik Aprilia yang kini sudah tidak diproduksi lagi.

Baca juga: Lebih dekat dengan Aprilia SR-GT 200 Replica di Indonesia

Pada bagian gambar yang dibagikan oleh perusahaan, memang banyak terlihat kemiripan dengan apa yang dimiliki oleh Aprilia. Namun, terdapat beberapa perbedaan yang minor seperti bodywork pada bentuk penutup depan dan lampu depan. GLR900 juga mendapat kaca depan kecil untuk perlindungan angin ekstra.

Sebelumnya, kehadiran motor ini digosipkan untuk membangkitkan kejayaan dari perusahaan otomotif asal Italia yang sangat jaya di lintasan balap yakni Gilera. Perusahaan ini harus berakhir pada tahun 1909 akibat permasalahan finansial.

Baca juga: Aprilia hadirkan aktivitas spesial untuk fans MotoGP Indonesia

Melihat peluang yang cukup baik dari kejayaan di lintasan balap, Piaggio pada tahun 1969 mengakuisisi perusahaan tersebut dan berharap bisa mencapai kesuksesan yang serupa.

Nyatanya, Piaggio juga mengalami permasalahan serupa dengan apa yang dialami oleh Gilera dalam hal finansial. Hal itu dikarenakan perusahaan tersebut belum bisa memanfaatkan kejayaan dalam menghadirkan kendaraan bagi para pencinta merek itu.

Baca juga: Aprilia rilis edisi terbatas RS 660 Trofeo

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023