Jakarta (ANTARA) - Hyundai Motor Co. dan afiliasi lebih kecil mereka, Kia Corp., pada hari Senin mengumumkan bahwa penjualan gabungan kendaraan mereka di Britania naik 8,7 persen pada periode Januari-Oktober dibandingkan dengan tahun sebelumnya, didorong oleh peningkatan penjualan model ramah lingkungan.

Dalam 10 bulan pertama, Hyundai dan Kia menjual total 173.428 kendaraan di negara Eropa tersebut, naik dari 159.541 unit pada periode yang sama tahun sebelumnya, menyumbang 10,8 persen dari pasar kendaraan penumpang lokal, demikian pernyataan perusahaan. Angka Hyundai termasuk penjualan dari merek independennya, Genesis.

Baca juga: Hyundai, Kia kenalkan EV baru dan model konsep di Pameran Los Angeles

Tahun ini, produsen mobil asal Korea Selatan ini mengharapkan penjualan mereka di Britania akan melampaui rekor penjualan tahunan tertinggi sebesar 186.625 unit, yang dicatat pada tahun 2017, jika laju pertumbuhan penjualan saat ini terus berlanjut.

Dalam periode 10 bulan tersebut, penjualan kendaraan ramah lingkungan mereka naik 6.7 persen year-on-year (YoY) menjadi 80.442 unit, didukung oleh permintaan terhadap model listrik Kona EV, model hibrida bensin Tucson dan Santa Fe dari Hyundai, serta EV6 dan EV9 listrik murni dan model hibrida bensin Sorento dan Sportage dari Kia.

Baca juga: Permintaan EV Kia-Hyundai di AS tetap kuat meski dibayangi inflasi

Model listrik penuh, plug-in hybrid, dan hibrida bensin menyumbang 36 persen dari total 1.606.437 kendaraan yang terjual di Britania dalam 10 bulan pertama. Angka ini naik dari 33,5 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya, demikian disiarkan Yonhap, Senin (20/11).

Baca juga: Hyundai kucurkan dana sebesar Rp23,8 triliun untuk pabrik EV terbaru
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023