Jakarta (ANTARA) - President PT Chery Sales Indonesia dan Vice President Chery International, Shawn Xu mengatakan bahwa Chery sedang berancang-ancang membuat gebrakan baru dalam industri otomotif yang tidak hanya fokus di pasar China, melainkan skala dunia.

Gelaran Chery International User Summit 2023 yang berlangsung mulai 13 hingga 20 Oktober 2023 di kantor pusat Chery di Wuhu, China ini menjadi gerbang Chery dalam membuktikan kualitasnya untuk bersaing dalam penyediaan teknologi masa depan di industri otomotif.

“Karena kami percaya bahwa kami tidak hanya menjual mobil, karena produk mobil pasti punya banyak hal lain yang seharusnya bisa sangat berhubungan dengan mobil,” kata Shawn Xu di kantor pusat Chery, Wuhu, China beberapa waktu yang lalu.

Pembuktian tersebut dipaparkan oleh Chery pada ajang “Hari Teknologi”, pabrikan asal China ini terlihat begitu siap menghadapi persaingan industri otomotif yang mengedepankan teknologi sebagai basis utama dari kendaraan nantinya.

Baca juga: Chery hadirkan line-up OMODA 5 di GIIAS Semarang 2023

Di hadapan pelanggan yang datang dari berbagai belahan dunia, Chery meluncurkan serangkaian teknologi penggerak otonom yang berpusat pada model Robotaxi, melambangkan pencapaian nyata dalam elektrifikasi, kecerdasan, konektivitas, dan berbagi, serta membuka cakrawala baru untuk mobilitas cerdas di masa depan.

Dalam hal interaksi cerdas, integrasi ChatGPT pada kendaraan merupakan inovasi menarik lainnya dari Chery. Hal ini meningkatkan interaksi pengguna kendaraan menuju tingkatan baru, memungkinkan pengguna menjalankan perintah dengan mudah melalui percakapan sederhana dengan kendaraan mereka, menghadirkan pengalaman interaktif yang lebih lancar, bebas, dan antropomorfik.

“Chery menghabiskan sebagian besar energinya untuk keperluan teknologi. Dengan cara ini, menurut saya ini juga akan menjadi landasan yang sangat baik bagi Cherry dalam hal teknologi,” kata President of Chery international, Zhang Guibing.

Jaecoo J7 yang digadang akan masuk pasar Indonesia. (ANTARA/Chairul ROhman)

Orang yang memiliki pengaruh besar di Chery ini juga menyatakan bahwa Chery sudah mengubah wajah dan identitasnya dari masa lalu. Dia menyatakan bahwa kegagalan di masa lalu menjadi pelajaran penting bagi pihaknya untuk bisa menyajikan berbagai kendaraan yang diinginkan oleh setiap negara.

Kegigihan selama berpuluh-puluh tahun dalam membangkitkan brand Chery di kancah global, membuahkan hasil pada tahun-tahun belakangan ini. Chery memiliki berbagai wajah baru dengan pengembangan teknologi yang tidak bisa dianggap remeh oleh para pesaingnya.

“Selama berpuluh-puluh tahun kami berada di berbagai negara, pada awal-awal kami memang tidak sukses tapi kami terus belajar dan tidak menyerah. Kami terus melakukan dan mengecek bersama terutama dengan rekan-rekan lokal kami untuk memahami masyarakat setempat,” ujar dia.

Baca juga: Menguji coba Chery Omoda 5 EV dan mengenal "dalemannya"

Baca juga: Chery International beri penghargaan untuk dua konsumen Indonesia

“Jadi menurut saya, sekarang selangkah demi selangkah kita menemukan alasannya. Ketika kita tidak berhasil, kita langsung menemukan alasannya dan menemukan arah langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan,” tambah dia.

Sehingga, modal besar dalam pengembangan sebuah produk menjadi tidak sia-sia dan dapat diterima dengan baik oleh berbagai konsumen yang ada di belahan dunia.

Pada ajang ini, para konsumen diperlihatkan secara langsung berbagai sub-brand dari Chery yang sudah eksis. Di Indonesia, Chery masih membawa sebagian kecil ekosistem kendaraannya.

Chery nyatanya juga memiliki berbagai brand seperti Jaecoo, Exeed yang semuanya sudah siap menghadapi tantangan masa depan seperti kendaraan listrik, Hybrid, Plug-in Hybrid dan juga konvensional yang membuat takjub para pengunjung.
 

Pendekatan konsumen

Hal tersebut terlihat berkat suksesnya kegiatan Chery International User Summit 2023 yang dilangsungkan di halaman depan kantor pusat Chery ini. Kegiatan in juga turuti membuka mata para pengunjung yang hadir.

Chery begitu eksis di berbagai belahan dunia, dengan sukses mendatangkan 500 konsumen dalam satu tempat selama beberapa hari untuk mengikuti berbagai rangkaian yang sudah disediakan.

Dia juga menjelaskan bahwa kegiatan ini belum banyak diadopsi oleh para produsen otomotif dunia. Chery ingin membuktikan keseriusan dan komitmennya di setiap negara yang ditujunya.

“Sebelumnya mungkin banyak produsen mobil yang tidak memperhatikan bagaimana cara berhubungan dengan pelanggan secara langsung, tapi kami menyadari bahwa hal itu sangat penting terutama untuk saat ini, tahun ini sangat penting bagi kami untuk memahami setiap pelanggan akan apa yang mereka inginkan,” ujar dia.

Baca juga: Chery pamer dapur produksi ke konsumen International User Summit 2023

Chery memang paham dalam menghadirkan rasa yang nyaman dan juga aman kepada setiap konsumen. Pada ajang ini, Chery juga melibatkan konsumen di berbagai negara untuk aktif diberbagai kesempatan.

Dengan berbagai penghargaan yang dihadirkan oleh Chery pada acara penganugerahan di malam terakhir acara tersebut, sukses memberikan kesan yang sangat berarti kepada para penerima penghargaan itu.

Penghargaan untuk konsumen Indonesia dari Chery International di Wuhu, China. (ANTARA/Chery)

Memang, Chery ini membentuk ekosistem yang berbeda dan lebih dekat dengan setiap konsumen yang ada di berbagai negara dengan tidak hanya menghadirkan berbagai kendaraan masa kini dan juga masa depan melalui terobosan teknologi.

Namun, pada ajang ini Chery seolah-olah ingin benar-benar membuktikan kehebatannya di berbagai bidang yang memiliki peran teknologi di dalamnya. Tidak hanya berbasis otomotif, pabrikan ini juga menyajikan berbagai keperluan yang memang diinginkan oleh para konsumennya.

Hal itu yang memang ingin ditanamkan oleh Chery agar bisa mengakomodir berbagai keperluan para konsumen untuk menunjang gaya hidup mereka melalui berbagai produk elektronik, produk rumah tangga dan juga produk gaya hidup.

“Sehingga hal ini dapat membuat pelanggan senang dan kami akan terus berusaha untuk menyediakan apa yang memang diinginkan oleh pelanggan kami,” tutur dia.

Dalam gelaran Chery International User Summit 2023 yang lalu, Chery mengundang sekitar 500 konsumen dari 40 negara untuk menyaksikan langsung kehebatan dan juga kemajuan dari brand tersebut. Kegiatan tersebut dilangsungkan di Head Quarter mereka di Wuhu, China pada 13 hingga 20 Oktober lalu.

Baca juga: Yakin dengan pasar Indonesia, Chery segera rakit Omoda5 EV di RI

Baca juga: Tidak hanya SUV, Chery juga incar segmen MPV ke depannya

Baca juga: Chery pamerkan teknologi masa depan di acara “2023 Technology DAY"

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023