Jakarta (ANTARA) - Rolls-Royce (RR) mempersembahkan edisi eksklusif Black Badge Ghost yang disebut Ekleipsis, yang menampilkan spesifikasi eksterior dan interior unik yang terinspirasi oleh fenomena langit gerhana matahari.

Model edisi terbatas itu hanya diproduksi sebanyak 25 unit dan seluruhnya telah habis dipesan, seperti dilaporkan laman Carscoops, Kamis (12/10).

Nama lengkap sedan itu adalah Rolls-Royce Black Badge Ghost Ékleipsis Private Collection. Warna utama eksteriornya adalah Lyrical Copper yang gelap dengan sentuhan khusus “pigmen tembaga bubuk" yang menghasilkan efek warna-warni saat di bawah cahaya.

Aksen Mandarin pada intake bumper, garis pelatih yang dilukis dengan tangan, tutup tengah, dan kaliper rem Rolls-Royce Black Badge Ghost Ékleipsis menyerupai warna matahari yang bersembunyi di balik bulan pada tahap-tahap menuju gerhana total.

Rolls-Royce Black Badge Ghost Ékleipsis Private Collection (ANTARA/X/@rollsroycecars)
Rolls-Royce Black Badge Ghost Ékleipsis Private Collection (ANTARA/X/@rollsroycecars)

Untuk sebuah Rolls-Royce, Iinterior Rolls-Royce Black Badge Ghost Ékleipsis sedikit lebih dramatis daripada eksteriornya, dengan warna-warna kontras yang mengingatkan kita pada mobil-mobil buatan Mansory sebelumnya.

Tema "Panoramic Sunset" memadukan warna Mandarin dan hitam untuk jok kulit berporinya. Sementara panel dasbornya menggambarkan tahapan gerhana matahari total dengan 1.846 bintang, diukir dengan laser yang membutuhkan waktu lebih dari 100 jam untuk menyelesaikannya.

Selain itu, arloji analog dihiasi dengan berlian 0,5 karat mengkilap yang terintegrasi di dalam bezel. Desainer Rolls-Royce juga menambahkan kusen samping yang bercahaya, dan pipa Mandarin pada payung ikonik RR yang disematkan di pintu.

Sorotan utama dari interiornya adalah versi animasi dari Starlight Headliner, dengan area hitam di tengah yang dikelilingi oleh 940 bintang dan 192 bintang lainnya yang tersebar lebih jauh.

Animasi itu mereplikasi efek gerhana matahari setiap kali pintu ditutup dan pengemudi menyalakan mesin. Tontonan itu tetap terlihat selama 7 menit dan 31 detik yang merupakan durasi terpanjang dari gerhana matahari total.

Setelah durasi tersebut, headliner kembali ke efek langit berbintang seperti biasa, seperti pada semua model Rolls-Royce lainnya.

Rolls-Royce Black Badge Ghost Ékleipsis Private Collection (ANTARA/X/@rollsroycecars)
Rolls-Royce Black Badge Ghost Ékleipsis Private Collection (ANTARA/X/@rollsroycecars)

Edisi khusus itu didasarkan pada Black Badge Ghost yang berfokus pada performa yang dilengkapi dengan versi yang lebih kuat dari mesin V12 6,75 liter twin-turbo yang menghasilkan 592 hp (441 kW / 600 PS).

Tenaga disalurkan ke keempat roda melalui transmisi otomatis delapan percepatan, dengan suspensi planar khusus Ghost yang menjaga pengendaraan "karpet ajaib" yang khas.

Debut Ghost edisi spesial itu akan dilakukan pada 12 Oktober, sangat dekat dengan gerhana matahari yang akan terlihat di beberapa bagian Belahan Bumi Barat pada tanggal 14 Oktober.

Rolls-Royce tidak mengungkapkan harga Black Badge Ghost Ékleipsis Private Collection, tetapi, mengungkapkan bahwa 25 contoh telah dialokasikan untuk klien di seluruh dunia.

Baca juga: Rolls-Royce Black Badge Ghost resmi hadir di Indonesia

Baca juga: Rolls Royce Black Badge dan Ghost baru tampil perdana di California

Baca juga: Rolls-Royce Black Badge Ghost tampilkan sisi kuat dan dinamis

Baca juga: Lamborghini rilis model plug-in hybrid pertama Revuelto di Korea

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023