Hamburg (ANTARA News) - Perusahaan otomotif Jerman, Daimler, memperkenalkan kendaraan mewah Mercedes-Benz S-Class.

Di hadapan lebih dari 500 jurnalis berbagai negara, bos Daimler Dieter Zetsche pada Rabu memperkenalkan Mercedes-Benz S-Class terbaru itu.

Reuters melaporkan acara itu berlangsung di aula pabrik Airbus di Hamburg dengan penampilan dari penyanyi Alicia Keys dan orkes simfoni Hamburg.

"Citra yang melekat pada S-Class adalah sebagai kendaraan yang paling mewakili Mercedes-Benz. Kalau ada yang tak beres, merek itu hancur bersama semua kendaraan produknya," kata direktur riset di IHS Automotive Frankfurt, Christoph Stuermer.

"Tiga generasi lalu (tahun 1991) S-Class-nya kacau dan nyaris membuat perusahaan itu di ambang kejatuhan, sebegitulah pentingnya peran S-Class," kata Stuermer.

Kini, Mercedes S-Class terbaru lebih ringan 100 kilogram dari pendahulunya. Kelebihan lain seperti drag resistance paling rendah di kelasnya serta noise dan getaran yang tak gampang terasa.

S-Class selama ini menjadi ajang pamer keunggulan teknologi Daimler. Misalnya, S-Class tahun 1978 adalah kendaraan yang pertama kali dilengkapi sistem rem ABS.

S-Class terbaru dilengkapi teknologi 6D "Intelligent Drive" antara lain sensor-sensor, kamera stereo dan algoritma tertutup untuk "mata" yang bisa berputar 360 derajat dan secara otomatis menyesuaikan handling dengan permukaan jalan.

"Ibarat anda berada di karpet terbang," kata kepala penjualan Mercedes, Joachim Schmidt kepada wartawan.

Harga S-Class terbaru itu belum diumumkan tapi Mercedes mengemukakan bukan tidak mungkin seri terbaru itu lebih laris dari generasi sebelumnya yang laku lebih dari 500 ribu unit.

S-Class generasi sebelumnya ( generasi ke-6) selama delapan tahun berturut-turut menjadi nomor satu untuk segmen limusin mewah meski modelnya tidak berubah.

S-Class terbaru juga akan menggantikan kendaraan super mewah Maybach yang gagal dipasarkan Daimler.

S-Class terbaru lebih lebar dan lebih panjang. Banyak pihak memperkirakan sebutan kendaraan itu nantinya adalah "Pullman".

Mesin S300 BlueTec full hybrid mengkonsumsi 4,4 liter diesel untuk 100 kilometer dengan emisi 115 gram CO2/km.

Mesin S500 plung-in hybrid mengeluarkan emisi tak sampai 75 gram CO2/km.

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013