Jakarta (ANTARA) - Sejak kemunculan Toyota Raize di Indonesia pada akhir April 2021 lalu, pasar otomotif di segmen compact sport utility vehicle (SUV) semakin bergairah dan masyarakat semakin banyak dijejali berbagai pilihan di segmen ini.

Beberapa waktu yang lalu ANTARA mencoba langsung kendaraan yang sudah memiliki label Gazoo Racing (GR) ini untuk menyusuri jalan ibu kota dan juga jalur bebas hambatan menuju Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Selama menggunakan kendaraan ini beberapa hari, kesan yang sangat melekat dari kendaraan ini adalah dari sisi kenyamanan berkendara, fitur dan juga konsumsi bahan bakar yang bersahabat.

Mobil yang bersaing dengan Honda WR-V dan Daihatsu Rockey ini memiliki mesin yang cukup gesit saat pertama kali pengendara menginjak pedal gas. Toyota Raize edisi perayaan 50 tahun Toyota Indonesia ini dibekali mesin berkubikasi 1.0 turbo.

Mesin berkode WA-VE, 3 cylinder in-line, 12 Valve DOHC with Dual VVT-i ini memang sangat terasa mumpuni dalam melintasi di jalur perkotaan dan terlebih jalan bebas hambatan.

Baca juga: Mencicip mesin turbo Toyota Raize menjelajah ibu kota

Dalam perjalanan ini, mobil diisi oleh 4 orang dalam satu kendaraan. Hal itu dimaksudkan untuk memaksimalkan kapasitas dari kendaraan ini. Terbukti kendaraan ini sangat menonjolkan performa yang menarik perhatian pengguna.

Mesin yang dibenamkan dalam kendaraan berdimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm kami rasakan sangat pas untuk menghadirkan kelincahan dalam menembus berbagai kondisi jalan.

Toyota Raize GR. (ANTARA/Chairul Rohman)

Tidak hanya urusan performa yang menjadi alasan mobil ini layak untuk dipinang, desain yang disajikan dari kendaraan ini juga cukup nyaman dipandang. Tampilan dua warna membuat kendaraan ini terlihat mewah,

Kesan gagah juga dimunculkan berkat hadirnya kaki-kaki yang kokoh berselimutkan ban dengan profil 205/60-R17, topangan dari suspensi MacPherson Strut (depan) dan Torsion Beam (belakang) juga membuat mobil ini semakin nyaman untuk digunakan.

Berbicara kenyamanan, mobil berdimensi kompak ini cukup lapang ketika pengguna berada di dalam. Dengan penumpang empat orang dewasa dan ditambah dengan berbagai barang bawaan tidak membuat penumpang di depan dan belakang merasa terganggu.

Baca juga: Toyota Raize dipesan 1.269 unit dalam sepekan

Ditambah, mobil ini juga memiliki kompartemen yang cukup banyak dengan penempatan yang sangat pas untuk menaruh botol minum dan juga barang kecil lainnya.

Sederet fitur-fitur canggih yang tersaji juga menambah daya tarik dari kendaraan yang memiliki tampang kalem ini. Fitur-fitur yang tersaji dari kendaraan ini juga terbilang tidak mubazir, hampir semua dapat digunakan dengan baik.

Salah satu fitur yang sangat berkesan adalah fitur Adaptive Cruise Control (ACC) yang merupakan pengembangan dari fitur cruise control. Fitur ini dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman. Sehingga, pengemudi terasa sangat terbantu ketika menggunakan fitur ini.

Cara kerja fitur ini tidak lain dengan memanfaatkan kamera yang berada di bagian depan. Fitur ini secara cerdas dapat memperhitungkan dimensi kendaraan di depan dengan baik, termasuk membaca marka jalan.

Toyota Raize GR. (ANTARA/Chairul Rohman)

Apabila ada mobil lain masuk ke jalur di depan secara tiba-tiba, sistem secara otomatis akan mengurangi kecepatan atau bahkan melakukan pengereman jika dirasa jaraknya sudah tidak aman.

Meski begitu, masih banyak fitur yang bisa digunakan atau dimanfaatkan selama perjalanan seperti Lane Departure Alert with Steering Control, Rear Cross Traffic Allert & Blind Spot Monitor, Pedal Missoperation Control dan lainnya.

Mobil ini juga memiliki daya tahan yang cukup baik dalam hal konsumsi bahan bakar, terbukti selama perjalanan yang ditempuh dengan jarak hampir 50 km, mobil ini mencatatkan konsumsi bahan bakar mencapai 25 km/l. Tapi, tentu saja tingkat konsumsi bahan bakar akan berbeda-beda tergantung cara berkendara masing-masing pengendara.

Baca juga: Toyota Astra Motor "recall" 14 ribu unit Raize di Indonesia

Baca juga: Ini model Toyota Raize yang paling diburu konsumen

Baca juga: Toyota Raize 1.200cc dijual hari ini, harga mulai Rp202 juta

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023