Jakarta (ANTARA) - Toyota Motor Corp. memperkenalkan sebuah mobil tipe sport utility vehicle (SUV) dari merek mewahnya, Century, sebagai bagian dari upaya untuk memperluas rangkaian mobil premiumnya untuk memenuhi permintaan dari pelanggan berduit.

Model baru dari kendaraan yang dikemudikan oleh sopir, hanya ditawarkan sebagai mobil hybrid plug-in, dengan harga mulai dari 25 juta yen (sekitar Rp2,6 miliar), lebih tinggi sekitar 5 juta yen (sekitar Rp520 juta) dari model sedan yang sudah ada, sehingga menjadikannya mobil produksi massal termahal di Toyota.

Mobil sedan Century telah digunakan oleh banyak VIP di Jepang, seperti keluarga kerajaan, politisi terkemuka, dan eksekutif perusahaan.

Baca juga: Mobil konsep Honda SUV e:Prototype ditampilkan perdana di Indonesia

Model baru ini dilengkapi dengan kursi belakang yang dapat direbahkan sepenuhnya, sistem audio yang ditingkatkan, dan pintu belakang yang dapat dibuka hingga 75 derajat untuk memastikan kemudahan masuk dan keluar, menurut Toyota.

Perusahaan otomotif ini mulai menerima pesanan pada hari Rabu dan berencana untuk mengirimkan kendaraan kepada pelanggan hingga akhir tahun. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk menjual 30 unit per bulan.

Baca juga: BMW Astra ungkap mobil tipe SUV makin diminati masyarakat

Century diluncurkan pada tahun 1967 untuk memperingati ulang tahun ke-100 kelahiran Sakichi Toyoda, pendiri grup Toyota. Perusahaan ini telah menjual sekitar 42.000 unit merek tersebut sejak itu.

Model baru ini, yang akan diproduksi di pabrik Tahara di Prefektur Aichi, Jepang tengah, akan dijual di Jepang dan luar negeri, kata perusahaan tersebut.

Pesaing-pesaing luar negeri seperti produsen mobil asal Inggris Rolls-Royce Motor Cars dan Bentley juga telah menjual SUV mewah. Demikian disiarkan Kyodo, Kamis (7/9).

Baca juga: KG Mobility luncurkan SUV listrik Torres EVX September
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023