Jakarta (ANTARA) - Tesla telah membawa generasi terbaru dari Supercharger-nya V4 ke Inggris Raya, membuka jaringan pengisian untuk mobil listrik dari semua merek dan memperkenalkan pembayaran tanpa kontak.

V4, pengisi daya cepat terbaru Tesla itu dilengkapi dengan kabel sepanjang tiga meter yang dapat menyuplai daya dengan kecepatan hingga 250 kW untuk kendaraan listrik dengan koneksi CCS, dapat diaktifkan baik melalui pembayaran kartu tanpa kontak atau melalui aplikasi ponsel pintar Tesla, seperti disiarkan laman Autocar, Jumat (25/8).

Sementara perusahaan pengisi daya lainnya telah memperkenalkan pengisi daya yang lebih cepat, misalnya unit High Power 350 kW Gridserve, juru bicara Tesla mengatakan kepada Autocar bahwa V4 siap untuk masa depan, berkat pembaruan over-the-air dan bahwa kecepatan yang lebih tinggi dimungkinkan di masa depan.

Baca juga: Tesla bangun Stasiun Supercharging Tesla V4 di Prancis

V4 memiliki desain yang lebih tidak mencolok dibandingkan pengisi daya V3 generasi sebelumnya dari Tesla. Desain dengan aperture besar, yang telah menjadi ciri khas Tesla selama tiga generasi pengisi daya, telah digantikan dengan kotak solid.

Generasi sekarang dilengkapi dengan layar digital yang memfasilitasi pembayaran dengan kartu dan menampilkan tanda terima digital yang dapat diunduh melalui kode QR yang dapat discan.

Kendaraan listrik dengan pengisian tercepat yang saat ini dijual di Inggris Raya mencapai maksimum 350 kW, tapi, diperkirakan pengenalan perangkat keras pengisian 800V akan memungkinkan waktu pengisian yang jauh lebih cepat dalam waktu dekat.

Pengisi daya V4 pertama berada di dealer Tesla di Tottenham, utara London, yang akan diperluas ke lokasi pengisian Tesla di seluruh Inggris Raya.

Merek Amerika itu mengoperasikan salah satu jaringan pengisian paling produktif dari semua penyedia di Inggris, dengan 1.100 pengisi daya dipasang di 115 lokasi, dengan rata-rata 10 di setiap lokasi.

Baca juga: Supercharger 600 kW Huawei disebut sebagai pesaing Tesla V4

Baca juga: China percepat bangun stasiun pengisian daya, dukung jarak tempuh NEV

Baca juga: GM-EVgo resmikan lokasi pengisian daya cepat ke-1.000 di AS
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023