Jakarta (ANTARA) - Agen pemegang merek Kia di Indonesia yaitu PT Kreta Indo Artha (KIA), memperkenalkan varian baru dari mobil listrik Kia EV6 yang hadir dalam balutan varian GT di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023

Dengan mengusung konsep Full Battery Electric Vehicle ramah lingkungan, peluncuran ini sekaligus bukti keseriusan pabrikan tersebut dalam mendukung program Pemerintah terkait kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Kia EV6 GT merupakan varian tertinggi dari Kia EV6. Kehadiran Kia EV6 GT akan menjadi pilihan baru bagi masyarakat yang menginginkan sebuah mobil listrik yang kencang layaknya sebuah supercar bermesin pembakaran internal.

"PT Kreta Indo Artha (KIA) yang merupakan bagian dari Indomobil Group sebagai APM Kia di Indonesia, merupakan salah satu produsen otomotif yang terdepan dalam 'Sustainable Mobility Solution'. Dengan dipasarkannya Kia EV6 GT, maka teknologi Full Battery Electric Vehicle tidak hanya ramah lingkungan, namun juga bisa memberikan sensasi berkendara yang menakjubkan dan performa yang dahsyat," kata Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha (KIA), Andrew Nasuri di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kia perkenalkan Sportage 2024 dengan peningkatan fitur

Adanya varian baru ini memberi banyak pilihan bagi masyarakat untuk memilih kendaraan listrik yang cocok dengan kebutuhan

Dibangun di atas platform yang sama seperti varian GT-Line, yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP), Kia EV6 GT menawarkan performa berkendara yang maksimal berkat penggunaan 2 motor listrik besar yang dipadukan dengan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD).

Kombinasi itu mampu menghasilkan tenaga hingga 585 PS dan torsi puncak mencapai 740 Nm. Akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 3,5 detik dengan kecepatan maksimum mencapai 260 km/jam. Catatan waktu itu jauh lebih cepat bila dibandingkan Kia EV6 GT-Line yang hanya 5,2 detik.

Untuk lebih memaksimalkan tenaga dan torsi yang dimilikinya, Kia EV6 GT juga sudah dilengkapi dengan mode berkendara GT Mode yang dapat memaksimalkan tenaga dan torsi motor listriknya sejak pedal akselerator pertama kali diinjak.

Baca juga: Kia Sorento Facelift 2024 tampil lebih ramping dan interior baru
 
PT Kreta Indo Artha (KIA) resmi memperkenalkan varian baru dari mobil listrik Kia EV6 yang hadir dalam balutan varian GT di GIIAS) 2023. (ANTARA/HO/KIA)


Tidak hanya itu, Kia EV6 GT juga memiliki fitur Drift Mode yang memungkinkan kendaraan untuk melakukan drifting dengan pengaturan yang telah disesuaikan. Pada Drift Mode ini, tenaga dan torsi akan didistribusikan secara maksimal ke 2 roda belakang, serta sistem juga akan mengaktifkan fitur E-LSD (Electronic Limited Slip Differential), untuk memudahkan akselerasi kendaraan secara drifting.

Sementara itu, Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA), Ario Soerjo, mengatakan bahwa Kia EV6 GT-Line yang diluncurkan tahun lalu telah mendapatkan banyak pujian dan sambutan yang sangat positif, baik dari segi performa maupun dari segi desain.

"Kali ini, kami menghadirkan varian paling buas dari EV6 yaitu EV6 GT yang secara performa sudah memasuki teritori supercar," jelas Ario.

Baca juga: Kia perkenalkan Sportage 30th Anniversary Edition 2024

Mengusung DNA sporty, Kia EV6 GT juga memiliki tampilan luar yang lebih sporty dibandingkan varian GT-Line. Hal ini terlihat dari tampilan bumper depan dan belakangnya yang punya bentuk lebih aerodinamis dan menarik. Bagian samping Kia EV6 GT juga memiliki tampilan yang lebih sporty dan gahar berkat penggunaan velg berukuran 21” dengan kelir warna dual tone yang mampu memaksimalkan grip kendaraan saat sedang melakukan akselerasi dan bermanuver.

Serupa seperti bagian depan, bagian belakang Kia EV6 GT juga memiliki tampilan bumper yang lebih sporty dibandingkan varian GT-Line. Perbedaan ada pada bentuk skid plate dan reflektor yang ada di bagian belakang.

Selain bagian luar, aura sporty juga ada pada bagian dalam, seperti penggunaan jok GT Bucket Seat yang akan memberikan posisi berkendara layaknya supercar, lalu penggunaan bahan Suede pada bagian door trim dan plafon, juga semakin menambah aura sporty dari Kia EV6 GT.

Berbagai fitur canggih tentunya tetap tersedia pada Kia EV6 GT. Di bagian dalam, ada beberapa fitur yang tersedia, seperti Wide Sunroof, Panoramic Wide Display, Wireless Charging, hingga Premium Speaker dari Meridian dengan 14-speakers.

Kia EV6 GT tetap dibekali dengan beragam fitur-fitur canggih, utamanya fitur keselamatan aktif dan fitur bantuan mengemudi. Sama seperti varian GT-Line, pada varian GT ini juga tetap dibekali fitur ADAS Drive Wise yang lengkap, yakni Forward Collision-avoidance Assist with Junction Turning and Crossing, Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Smart Cruise Control, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Blind Spot View Monitor, High Beam Assist, Driver Attention Warning, Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Surround View Monitor, dan Parking Distance Warning.

Fitur canggih lainnya yang tersedia pada Kia EV6 GT, yakni Remote Smart Parking Assist (RSPA), yang memungkinkan kendaraan dapat diparkirkan secara otomatis, baik dari dalam kendaraan atau dari luar kendaraan melalui remote kunci. Fitur ini bermanfaat untuk memudahkan pengemudi saat harus memarkirkan kendaraan di ruang yang sempit.

Kia EV6 GT juga tetap memiliki fitur Vehicle to Load (V2L) dan Vehicle to Vehicle (V2V) yang berfungsi untuk menyuplai daya listrik dari mobil listrik ke alat rumah tangga atau kendaraan listrik lainnya. Dengan spesifikasi yang lebih buas, Kia EV6 GT kini resmi dipasarkan dengan harga Rp1.699.000.000 on the road DKI Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: Hyundai resmi hadirkan Ioniq 6 di GIIAS 2023
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023