Jakarta (ANTARA) - Di tengah berbagai padatnya aktivitas, mulai dari menekuni pekerjaan kantor hingga merintis usaha sampingan, tak dipungkiri kehadiran mobil dapat turut menunjang produktivitas.

Namun, bagi para pekerja kantoran yang ingin membeli kendaraan bermotor, akan tetapi terkendala banyak hal, berikut tips yang bisa dilakukan agar mobil dapat benar-benar membawa manfaat dan membuka peluang usaha, seperti tertulis dalam siaran pers OK Bank yang diterima di Jakarta, Sabtu.

1. Pastikan tujuan pembelian
Di tengah beragamnya kebutuhan, baik itu mengakomodasi mobilitas pekerjaan dari satu lokasi ke lokasi lain ataupun mendorong pertumbuhan bisnis yang semakin luas, mobil hadir menjadi fasilitas yang mempermudah kehidupan.

Luangkan waktu sejenak dan pastikan kembali tujuan pembelian mobil telah sesuai dengan kebutuhan, bukan hanya untuk memenuhi keinginan semata sehingga dapat menentukan pilihan terhadap mobil impian dengan tepat.

Baca juga: Simak 4 hal yang perlu dipersiapkan sebelum beli mobil baru

2. Perhatikan fitur mobil yang dibutuhkan
Saat merencanakan pembelian, pertimbangkan jenis mobil beserta fitur yang ditawarkan. Jika kerap menempuh perjalanan pekerjaan jarak jauh, pilihlah mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang dapat bergerak cepat dan efisien.

Namun jika menginginkan mobil dengan ruang yang cukup besar, gunakan mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) atau multiguna yang dapat memuat lebih banyak orang dan produk bisnis. Prioritaskan fitur-fitur yang dibutuhkan demi mendorong nilai guna mobil agar membantu efisiensi dan efektivitas operasional demi capai keuntungan bisnis dan performa pekerjaan secara maksimal.

3. Pertimbangkan biaya bahan bakar
Selain biaya pembelian, jangan lupa menghitung pengeluaran lain, termasuk biaya bahan bakar sepanjang masa hidup mobil. Sebagai gambaran, mobil yang berpenumpang dapat menghabiskan rata-rata 10,7 liter bahan bakar setiap jarak tempuh 100 kilometer.

Jika ingin pilihan yang lebih hemat, carilah mobil dengan efisiensi bahan bakar yang baik, seperti mobil LCGC (Low Cost Green Car) sehingga dapat mengurangi biaya bahan bakar dalam jangka waktu panjang sekaligus menghasilkan lebih sedikit emisi yang ramah terhadap lingkungan.

4. Kunjungi pameran otomotif
Pameran otomotif kini banyak diminati oleh masyarakat, terutama dengan berbagai promo dan potongan harga menarik yang tidak ditawarkan di tempat lain.

5. Pilih fasilitas pembiayaan yang tepat
Terakhir namun tak kalah penting, pelajari berbagai fasilitas pembiayaan untuk proses pembelian mobil. Kredit Tanpa Agunan (KTA) pada bank menjadi salah satu opsi tepat untuk mewujudkan mobil impian.

Retail Business Development Department Head OK Bank Hardiansyah Ramadhan mengatakan KTA bisa menjadi solusi pembiayaan bagi masyarakat untuk mewujudkan rencana keuangan, termasuk pembelian mobil agar produktivitas dan mobilitas meningkat.

Baca juga: Perhatikan kondisi finansial sebelum beli mobkas

Baca juga: Lima langkah sebelum memutuskan beli mobil

Baca juga: OK Bank beri KTA mahasiswa, simak syaratnya
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023