Tangerang (ANTARA) - Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengungkapkan Indonesia menduduki peringkat 11 dunia dalam memproduksi kendaraan bermotor.

"Secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia menduduki peringkat ke-11 sementara untuk penjualan domestik Indonesia berada di posisi ke-14," ucap Nangoi dalam pembukaan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Kamis.

Mengutip data Gaikindo, Indonesia pada 2022 memproduksi 1.470.146 unit kendaraan bermotor.

Baca juga: Gaikindo optimistis penjualan mobil bisa melampaui tahun sebelumnya

Nangoi juga melaporkan catatan positif pada ekspor kendaraan bermotor, di mana terjadi kenaikan ekspor hingga 60 persen pada tahun lalu, yakni mencapai lebih dari 470.000 unit dan meliputi 93 negara tujuan.

Merespon capaian tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai peringkat Indonesia dalam produksi kendaraan bermotor bisa lebih ditingkatkan hingga masuk 10 besar dunia.

"Saat ini ada 21 perusahaan yang memproduksi otomotif yang angkanya sekitar 1,6 juta, itu nomor 11. Kalau 11 itu main bola, kita inginnya main futsal, jadi minimal naik di bawah 10," kata Airlangga.

Sementara terkait capaian ekspor, Airlangga mengatakan jumlah tersebut bisa terus digenjot hingga mencapai 500 ribu unit. Dia optimis target tersebut bisa dicapai oleh para pelaku industri otomotif di Tanah Air.

"Kalau tahun lalu ekspornya 470 ribu unit tahun ini targetnya 500 ribu unit, dan itu sebetulnya target kecil. Itu cuma menambah 30 ribu unit. Jadi ini mudah-mudahan menunjukkan bahwa kita mempunyai daya saing yang kuat dan mengekspor ke 93 negara," kata Airlangga.

Baca juga: Menko Airlangga harap transaksi GIIAS 2023 lampaui capaian tahun lalu

Baca juga: BMW Astra Fest kembali hadir meriahkan GIIAS 2023

Baca juga: Astra Financial ungkap alasan jadi Platinum Sponsor GIIAS 2023
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023