Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong penyelenggaraan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 agar mampu menumbuhkan industri otomotif di Tanah Air.

"Kami mendorong agar pameran otomotif yang digabungkan dengan lifestyle ini dapat menumbuhkan industri otomotif secara signifikan," kata Airlangga dalam sambutannya pada acara GJAW 2023 di Jakarta, Jumat.

Menko Airlangga mengatakan, industri otomotif di Indonesia tumbuh cukup baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Penjualan kendaraan roda empat di bulan Januari 2023 meningkat hampir 12 persen dibandingkan Januari 2022.

Secara kumulatif, jumlah produksi atau pembelian domestik sepanjang tahun 2022 mencapai 1.048.040 unit, atau naik 18 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga: GJAWxLifestyle diyakini bakal pancing pengunjung dari berbagai sektor

Sedangkan ekspor kendaraan Completely Built Up (CBU) mencapai 473 ribu unit. Apabila ditambah dengan kendaraan Completely Knocked Down (CKD) maka totalnya hampir 600 ribu unit.

Ia mengapresiasi para produsen kendaraan dan asosiasi terkait atas upaya-upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan industri otomotif

"Kapasitas produksi sudah naik luar biasa. Mari kita tepuk tangan, termasuk kontribusi pemerintah atas Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) fasilitas," katanya.

Lebih lanjut Airlangga menyampaikan, jumlah produksi kendaraan roda dua di tahun 2022 mencapai 5,2 juta.

Sementara ekspornya mencapai 343 ribu, sehingga totalnya mendekati angka 6 juta unit kendaraan roda dua.

Baca juga: Gaikindo optimistis catatan positif terus terjadi di 2023

Sejumlah upaya dilakukan pemerintah untuk menghadirkan energi ramah lingkungan, di antaranya kebijakan biodiesel B35, hingga insentif bagi kendaraan listrik.

"Fasilitas terutama untuk motor dahulu, roda dua disubsidi Rp 7 juta per unit untuk 200 ribu kendaraan baru, dan untuk konversi sebanyak 50 ribu unit," katanya.

GJAW 2023 menghadirkan total lebih dari enam puluh merek, termasuk kendaraan penumpang, kendaraan premium, kendaraan komersial, dan industri pendukung.

Adapun merek-merek yang ikut meramaikan dari China, Eropa, Jepang di antaranya BMW M, Chery, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Pameran bertajuk "Automotive x Lifestyle" ini menargetkan transaksi sebesar Rp2,3 triliun dan diprediksi akan menarik 53 ribu pengunjung.

Baca juga: Mobil-mobil premium akan ramaikan gelaran GJAWxLifestyle 2023
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023